Yang Belum Tahu Buruan Merapat, Ada Destinasi Wisata Baru di Bandung Namanya Lembah Tangga 101

Yang Belum Tahu Buruan Merapat, Ada Destinasi Wisata Baru di Bandung Namanya Lembah Tangga 101 Lembah Tangga 101. (Foto-foto: Diskominfo Kota Bandung)

RAGAM NUSANTARA - Bandung kini punya tempat wisata baru yang berlokasi di Kelurahan Cisurupan, Cibiru dengan luas lahan sekira 1 hektar, namanya Lembah Tangga 101.

Lembah Tangga 101 tentunya cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan, mengingat tempatnya yang Instagramable.

Selain jadi tempat wisata, Lembah Tangga 101 di Bandung juga berfungsi sebagai tempat parkir air hujan. Karena awalnya, kawasan ini dibangun Pemkot Bandung sebagai daerah resapan.

Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang meresmikan Lembah Tangga 101 sebagai tempat wisata pada Rabu, 26 Januari 2022 lalu.

Lembah Tangga 101 ini memiliki luas lahan sekitar 1 hektar. Ada sekitar 1.180 pohon yang ditanam di kawasan ini.

Jumlah tersebut merupakan gabungan 580 pohon dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, ditambah sumbangan 600 pohon dari Persada 92 serta sumbangan dari warga Kota Bandung, Kartini.

Untuk sampai ke dasar lembah, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga yang dibuat warna-warni sehingga lebih menarik dan Instagramable.

Kawasan Lembah Tangga 101 ini terwujud berkat kolaborasi Pemkot Bandung, Sektor 22 Citarum Harum, dan Persada (Persaudaraan Akabri) 92.

“Hadirnya Lembah Tangga 101 merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung dalam mengurangi banjir lewat penataan kawasan Bandung Utara,” kata Yana dikutip dari laman resmi Humas Kota Bandung.

Sementara itu, Kepala DSDABM Kota Bandung, Didi Ruswandi menyebut, hadirnya Lembah Tangga 101 sebagai upaya menghadirkan ruang publik baru bagi masyarakat Kota Bandung.

Hal ini sejalan dengan salah satu visi Pemkot Bandung, yakni menghadirkan kota yang nyaman bagi masyarakatnya.

“Saya percaya kota yang sehat adalah kota yang punya banyak ruang publik,” ujarnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini