Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Lewat Indomaret, Cukup Tunjukkan KTP, STNK dan Nomor HP

Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Lewat Indomaret, Cukup Tunjukkan KTP, STNK dan Nomor HP Ilustrasi bayar pajak kendaraan di Indomaret. (Foto: Surya Online)

RAGAM NUSANTARA - Bayar pajak kendaraan kini sudah bisa dilakukan di Indomaret (Mini Market) yang telah menjamur di berbagai wilayah.

Jadi tidak perlu lagi antre di loket Sistem Administrasi Manunggal Satu (Samsat), sehingga cukup memudahkan.

Tentunya, cara bayar pajak motor di mini market ini menjadi solusi bagi mereka yang setiap tahunya wajib membayar pajak mengantre di loket Sistem Administrasi Manunggal Satu (Samsat).

Cara bayar pajak motor di Indomart bukan hanya memudahkan dari segi jarak dan waktu, tetapi juga membantu dalam kemudahan dokumen karena dilakukan secara online.

Wajib pajak hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Nomor HP dan uang tunai.

Setelah itu, ikuti tahapannya sebagaimana dikutip dari portal berita Polda Metro Jaya yang dilansir pada 7 Februari 2022 berikut ini:

1. Datangi kasir lalu tunjukan STNK dan KTP asli serta nomor HP. Nantinya kasir akan mememriksa Nomor Polisi, Nomor mesin kendaraan, dan nomor HP yang aktif. Setelah melalui pemeriksaan, akan muncul nominal pajak yang harus dibayar melalui kasir

2. Setelah pembayaran tuntas, maka wajib pajak akan menerima struk pembayaran dan SMS balasan berupa link bitly dari Polri.

3. Klik link bitly pada SMS, Link tersebut berisi bukti pelunasan (e-TBPKP) yang dapat anda simpan di HP atau print out sebagai bukti pembayaran sah disertai QR Code, kemudian simpan bersama STNK asli.

e-TBPKP yang dilengkapi dengan barcode (QR code) merupakan tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah.

Pengesahan STNK dapat dilakukan di polsek. Jika masih belum jadi, Anda bisa membawa bukti tersebut apabila sewaktu-waktu ada razia kendaraan bermotor.

Batas waktu maksimal penukaran struk pembayaran adalah 30 hari. Apabila tidak dilakukan pengesahan STNK di Polsek atau Kantor Samsat terdekat, maka kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional.

Cara bayar pajak motor di Indomaret tersebut tentunya sangat membantu bagi Anda yang tak mempunyai waktu ke kantor Samsat Ditlantas Polri.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini