Benarkah Minum Kopi Tanpa Gula Bisa Mengatasi Omicron? Begini Faktanya

Benarkah Minum Kopi Tanpa Gula Bisa Mengatasi Omicron? Begini Faktanya Ilustrasi minum kopi./pexels

RAGAM NUSANTARA - Penyebaran Covid-19 varian Omicron semakin pesat di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kota Bandung sendiri saat ini sudah ditetapkan sebagai kota dengan status PPKM level 3 seperti yang diungkapkan oleh Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menyebut, peningkatan level PPKM ini bukan karena tingginya kasus penularan, tapi rendahnya tracing di wilayah tersebut.

Bedasarkan data dari Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung per tanggal 10 Februari 2022 total kasus Covid-19 varian Omicron terkonfirmasi 47.414 orang.

Meningkatnya kasus harian itu memicu masyarakat mencari alternatif penyembuhan ataupun terapi pencegahan infeksi varian Omicron, seperti terdapat pada unggahan di Facebook, 26 Januari 2021.

Akun Facebook itu menyarankan masyarakat untuk minum kopi tanpa gula guna mengatasi Omicron.

Seseorang disebut akan buang air kecil dan virus di tubuh terkuras setelah 20-30 menit meminum kopi.

Dalam unggahan di Facebook tersebut narasi lengkapnya sepeerti berikut.

"(Atasi OMICRON)

Penyembuhan Flu & Sakit Kepala dengan cepat....

Sebarkan ke seluruh kenalan Anda...

Saat mau Flu. Silahkan coba. Tanpa ada bahayanya...

Semoga Flu & Sakit Kepala anda segera berlalu !!!

PERHATIKAN GEJALA OMICRON YANG SERING DI DENGUNGKAN

Jika merasa mau Flu dengan tanda ingus mulai meleleh, bersin2, sedikit sakit kepala, nafas agak mulai sesak, Itu saatnya gejala Flu terjadi...

1. Segera minum 2 - 3 gelas air putih hangat Tunggu 3 s/d 5 menit.

2. Seduhlah 1 cangkir kopi panas, segala jenis kopi pahit _tanpa gula pasir_ Wajib diminum selagi panas baru bermanfaat.

3. Setelah 20 s/d 30 menit sehabis minum air hangat & kopi panas tanpa gula pasir tadi, Anda akan segera pipis. Yang menakjubkan...: Flu, bersin2 & sakit kepala pun lenyap dari Anda.

Pengen tahu kenapa ?

1. Kopi tanpa gula pasir memicu kita cepat pipis, ditambah air hangat yg kita minum, membuat virus yg di dlm tubuh kita, terkuras keluar

2. Kopi pahit tanpa gula pasir adalah additive, penambah semangat, sehingga membuat kita lebih " aware". Rasa kantuk telah dihilangkan, Virus telah terkuras sebagian sewaktu kita pipis, maka flu akan cepat sembuh. Semoga banyak orang memetik manfaatnya...”

Minum kopi memang sangat nikmat pada saat-saat tertentu dan masyarakat saat ini sudah membudaya meminum kopi tanpa gula.

Namun, benarkah minum kopi tanpa gula dapat mengatasi Omicron seperti yang beredar luas di Facebook?

Dikutip dari Antara, pada kenyataannya minum kopi tanpa gula tidak bisa mengatasi Omicron seperti yang diklaim dalam unggahan di Facebook tersebut.

Hal tersebut dibantah keras para peneliti dari Amerika Serikat yang mengeluarkan jurnalnya dalam Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, Institut Kesehatan Nasional.

Para peneliti dalam jurnal tersebut tidak dapat menyimpulkan hubungan apa pun antara kopi (TMX) dan Covid-19.

Tidak ada pakar yang menyarankan penggunaan kafein untuk melawan virus corona bahkan mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat memicu efek samping bagi tubuh.

Tinjauan dari studi yang diterbitkan di Perpustakaan Akademik Cochrane, menemukan penggunaan methylxanthines, sering ditemukan dalam minuman seperti kopi, pada pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik tidak menemukan bukti perbaikan

Bahkan para peneliti justru menemukan bukti peningkatan efek samping pada pasien Covid-19 varian Omicron yang meminum kopi.

Maka masyarakat diharapkan tidak menelan bulat-bulat unggahan di berbagai sosial media terkait penanganan Covid-19.

Akan lebih baik jika masyarakat berkonsultasi pada lembaga yang direkomendasikan oleh pemerintah.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini