Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur Ilustrasi. (Foto: masjidpedesaan.or.id)

RAGAM NUSANTARA - Selain media menyucikan diri, wudhu memiliki banyak manfaat, terlebih saat sebelum tidur. Dikutip dari umma.id, berikut beberapa ini 5 manfaat wudhu sebelum tidur:

1. Merileksasi Otot

Berwudhu sebelum tidur berguna untuk merileksasikan otot sebelum akhirnya beristirahat. Wudhu sebelum tidur bahkan kerap dikategorikan sebagai cara hidup sehat menurut Islam.

2. Bercahaya saat Kiamat

Saat hari kiamat nanti, seseorang yang rajin berwudhu akan dibedakan rupanya dengan umat yang lainnya. Sebab, cahaya akan tampak dari anggota tubuhnya.

"Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu." (HR. Al Bukhari).

3. Bersama Dengan Malaikat Sampai Terbangun

Seseorang yang melakukan wudhu sebelum tidur juga akan terus bersama dengan malaikat sampai terbangun di pagi hari. Malaikat juga akan mendoakan dan memohon ampunan untuknya.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Wudhu juga dapat mencerahkan kulit wajah. Sebab, wudhu menghilangkan kotoran yang melekat pada wajah, sehingga wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah saat bangun pagi.

5. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan kondisi kesulitan tidur. Wudhu adalah salah satu cara mengatasinya menurut Islam. ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini