Catat! Ini Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Istikharah

Catat! Ini Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Istikharah Ilustrasi. (Foto: net)

RAGAM NUSANTARA - Sholat istikharah merupakan sholat sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah RA, ia berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ فِي الأُمورِ كُلِّهَا “

Artinya:

"Nabi Muhammad mengajari kami sholat istikharah di dalam segala urusan kami.”

Dikutip dari umma.id, banyak orang melakukan sholat istikharah untuk melancarkan segala urusan-urusan. mereka di dunia. Entah itu urusan pekerjaan, percintaan, dan permasalahan hidup lainnya.

Namun sebelumnya ketahuilah terlebih dahulu, jika ada waktu khusus dimana kita melakukan sholat istikharah. Kapankah waktu tersebut?

Sesungguhnya waktu terbaik melaksanakan sholat istikharah adalah pada sepertiga malam terakhir dan sebelum sholat subuh.

Seperti yang diriwayatkan Abu Hurairah. Rasulullah SAW bersabda:

«يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ، مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ»

Artinya:

“Allah menurunkan keberkahan setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku pada sepertiga malam, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku pada sepertiga malam, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku pada sepertiga malam maka akan Aku ampuni.” ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini