190 Rumah untuk Warga Gunung Semeru di Lumajang Sudah Bisa Ditempati

190 Rumah untuk Warga Gunung Semeru di Lumajang Sudah Bisa Ditempati  Rumah warga tertimbun abu erupsi Gunung Semeru. (Foto: Gin gin T Ginulur)

RAGAM NUSANTARA - Warga di sekitar Gunung Semeru kini bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, 190 hunian rumah di Lumajang Jawa Timur telah dibangun pascaerupsi Gunung Semeru, beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyampaikan data tersebut dalam pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana 2022 di Istana Negara, Rabu 23 Februari 2022. Rakornas yang dilakukan secara virtual itu juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Dari tanggal 4 Januari hingga 21 Februari 2022 atau dalam waktu satu setengah bulan jumlah yang tetap yang sudah dalam proses pembangunan sebanyak 1175 unit dari target 2.000 unit. Dari 1.175 unit tersebut 190 unit hunian tetap sudah selesai dan siap ditempati," ujar Suharyanto.

Menurut Suharyanto, gerak cepat penanggulangan bencana di Lumajang tersebut sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo tentang percepatan dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

"Kami harapkan tentu saja dalam waktu tidak terlalu lama masyarakat yang saat ini masih tinggal di pengungsian bisa segera menempati pemukiman yang baru di wilayah relokasi tersebut," kata Suharyanto.

Lebih lanjut Suharyanto mengatakan, tantangan yang akan dihadapi BNPB tidak mudah. Sebab, kata dia, Indonesia merupakan negara kepulauan dan laut yang amat rawan dengan berbagai macam potensi bencana.

"Kami juga menyadari bahwa tantangan kedepan tidak semakin ringan dihadapkan dengan kejadian bencana yang selalu bertambah dari waktu ke waktu," pungkasnya. ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini