Wajib Kamu Ketahui, Ini 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan!

Wajib Kamu Ketahui, Ini 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan! Ilustrasi. (Foto: net)

RAGAM NUSANTARA - Ramadhan sebentar lagi tiba. Pada bulan suci ini, semua umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba meraih pahala agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Adapun beberapa keistimewaan bulan Ramadhan yang harus kamu ketahui. Apa saja? Ini dia penjelasannya:

1. Pertama kalinya Alquran diturunkan

Tahukah kamu Alquran untuk pertama kalinya diturunkan yakni pada bulan Ramadhan.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Qs. al Baqarah: 185).

2. Adanya malam Lailatul Qadar

Yang membuat bulan Ramadhan begitu istimewa dibandingkan bulan lainnya adalah pada bulan ini terdapat malam Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan sekaligus. Semua orang kemudian berlomba-lomba agar bisa merasakannya.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (Qs. Al Qadr: 1-3).

3. Terbebas dari api neraka

Keistimewaan bulan Ramadhan lainnya yakni pada bulan ini semua setan dibelenggu dan tidak dibiarkan berkeliaeran. Jadi, manusia akan terbebas dari pintu neraka, dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya.

Dari Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sungguh di setiap kali (waktu) berbuka, Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka, dan itu terjadi disetiap malam.” (HR. Ibnu Majah, Ahmad, Thabrani, dan Baihaqi.

4. Adanya pintu Ar-Rayyan

Selain ditutupnya pintu neraka, pada bulan Ramadhan, Allah juga memberikan keistimewaan dengan membuatkan pintu khusus (di surga) untuk ahli puasa yang tidak bisa dimasuki oleh golongan lain.

Sahal bin Sa’ad menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Orang-orang yang berpuasa memiliki satu pintu di surga yang bernama Ar-Rayyan. Tidak ada yang memasuki (surga) melalui pintu itu selain mereka. Apabila ahli puasa terakhir telah masuk, pintu itu pun ditutup. Barang siapa memasuki (surga) melalui pintu itu, ia akan minum dan barang siapa yang minum ia tidak akan dahaga selamanya.” (HR. Nasa’i: IV/478)

5. Semua doa dikabulkan

Setiap mereka yang berdoa pada bulan Ramadhan, doa-doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “(Ada) tiga doa mustajab, yaitu doa orang yang puasa, doa orang yang teraniaya, dan doa orang yang bepergian.” (HR. Baihaqi).***

Penulis: Gin Gin Tigin Ginulur | Editor: Ginanjar

Berita Terkini