Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Bengkulu, tak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Bengkulu, tak Berpotensi Tsunami Peta guncangan gempa Enggano Bengkulu. (Foto: BMKG)

RAGAM NUSANTARA - Gempa magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Enggano, Bengkulu, Sabtu 26 Februari 2022 sekitar pukul 06.58 WIB.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada koordinat 4.92 LS dan 101.72 BT, di laut, tepatnya 77 km arah barat laut Enggano dengan kedalaman 18 km.

Getaran gempa dirasakan di Bengkulu dengan skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI). Gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Menurut BMKG skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama apabila tidak terdapat peralatan seismometer yang dapat mengukur kekuatan gempa bumi di tempat kejadian.

Pada skala I, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang. Sementara skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Pada skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Skala IV, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sementara pada skala V, getaran dirasakan hampir semua penduduk, ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti. ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini