Deretan Makanan Sehat yang Baik Bagi Penderit TBC Agar Cepat Sembuh

Deretan Makanan Sehat yang Baik Bagi Penderit TBC Agar Cepat Sembuh Ilustrasi dokter memeriksa pasien penderita TBC/pixabay.

RAGAM NUSANTARA - Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tak kurang sebanyak 1,5 juta orang meninggal akibat penyakit tuberkulosis (TBC) di tahun 2020.

TBC merupakan penyakit dengan urutan ke–13 yang paling banyak menyebabkan kematian, dan menjadi penyakit menular nomor dua yang paling mematikan setelah Covid-19.

Indonesia berada di urutan ke–3 negara dengan kasus TBC tertinggi di dunia setelah India dan Cina. Data tahun 2019 menunjukkan, ada sekitar 845.000 penderita TBC di Indonesia.

TBC adalah penyakit paru-paru yang terjadi karena serangan kuman bernama Mycobacterium tuberculosis.

Penyakit ini menyebabkan pengidapnya mengalami gejala berupa batuk yang berlangsung lebih dari tiga minggu.

Batuk yang menjadi gejala penyakit ini biasanya disertai dahak dan terkadang mengeluarkan darah.

Penyakit tuberkulosis (TBC) memang masih dapat diobati dengan antibiotik. Namun, menjalani pengobatan tanpa memastikan asupan nutrisi yang tetap terpenuhi, memiliki risiko susah sembuh.

Makanan untuk penderita tuberkulosis (TBC) diharuskan gizi seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian penderita. Hal tersebut bertujuan agar bisa membantu mempercepat kesembuhan penderita TBC.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet daftar makanan yang baik dikonsumsu para penderita TBC.

1. Sayuran

Sayuran merupakan makanan untuk penderita TBC yang sangat membantu dalam pemulihan karena mengandung zat besi dan vitamin B. Segala jenis sayur baik dikonsumsi oleh penderita TBC.

2. Buah-buahan

Buah-buahan juga terbukti baik untuk penderita TBC. Buah yang baik untuk penderita TBC, antara lain ceri, tomat, blueberry, dan buah-buahan berwarna cerah karena kandungan antioksidannya tinggi.

3. Makanan Tinggi Kalori

Penderita TBC juga dikasarankan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Ini bertujuan untuk mempersiapkan cadangan energi agar bisa melawan infeksi. Makanan tinggi kalori ini bisa berasal dari kabrohidrat.

4. Lemak Tak Jenuh

Makanan lain untuk penderita TBC adalah lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun dan minyak nabati. Asupan tersebut bisa memberikan energi bagi tubuh penderita TBC.

5. Makanan Kaya Protein

Protein merupakan penyempurna makanan untuk penderita TBC. Baik protein nabati atau hewani, keduanya baik untuk penderita TBC dalam masa pemulihan.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini