Ini Dia 11 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan Makan Mentimun Setiap Hari

Ini Dia 11 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan Makan Mentimun Setiap Hari Mentimun. (Pixabay)

RAGAM NUSANTARA - Mentimun ternyata punya banyak mafat bagi kesehatan, bahkan baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Rasanya yang renyah, berair dan segar, mentimun bisa dimakan sebagai camilan. Bisa juga ditambahkan salad atau sandwich akan sangat menyehatkan dan menyegarkan.

Itu karena mentimun kaya akan air dan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Fakta menarik, tahukah Anda bahwa mentimun sebenarnya adalah buah, bukan sayur. Buah dan sayuran ini membantu menghilangkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Mentimun termasuk dalam keluarga labu, seperti semangka dan terdiri dari 95 persen air yang membantu Anda tetap terhidrasi.

Berikut ini dampak luar biasa dari mentimun pada tubuh jika dikonsumsi setiap hari seperti dikutip Ragamnusantara.com dari boldsky.

1. Mengurangi stres

Ketimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks yang meliputi vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7. Vitamin-vitamin ini bekerja sama dalam merilekskan sistem saraf dan membantu meredakan serangan panik dan kecemasan yang dipicu oleh stres.

2. Menurunkan berat badan

Mentimun juga bisa untuk diet, penurunan berat badan. Namun yang perlu diingat jika hanya makan mentimun tidak akan membantu menurunkan berat badan. Namun, mengonsumsi mentimun membantu karena tidak meningkatkan berat badan dan membatasi mengemil makanan cepat saji.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Mentimun mengandung flavonoid antiinflamasi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid membantu meningkatkan konektivitas neuron, sehingga meningkatkan kognisi. Ini tidak hanya akan membantu dalam menjaga memori tetapi juga akan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan terkait usia.

4. Meningkatkan pencernaan

Ketimun kaya akan serat larut dan air. Mulailah membiasakan sehat dengan menambahkan mentimun ke dalam salad dengan biji wijen dan cuka sari apel.

Ini bagus untuk sistem pencernaan karena membantu mencegah refluks asam. Ketimun juga akan membantu mengurangi tingkat pH di perut dan juga akan membantu memerangi sembelit.

5. Melindungi kesehatan jantung

Ketimun mengandung kalium tingkat tinggi, yang sangat bagus untuk mengatur tekanan darah. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi sel.

Ini juga membantu dalam menjaga sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung juga. Selain itu, kandungan serat dalam mentimun membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan arteri.

6. Meningkatkan pergerakan usus

Salah satu manfaat utama konsumsi mentimun secara teratur adalah membantu menunjang pergerakan usus yang teratur.

Kaya akan kandungan air dan serat larut, mentimun membantu meningkatkan konsistensi feses, mencegah sembelit, dan membantu menjaga keteraturan.

Ini juga dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar sambil memberi makan bakteri menguntungkan dari usus.

7. Menghilangkan racun

Mentimun kaya akan air, menjadikannya obat alami untuk mengatasi dehidrasi atau kelelahan.

Demikian pula, khasiat mentimun ini bermanfaat dalam membuang racun yang tidak diinginkan yang ada di tubuh Anda.

8. Mengurangi risiko kanker

Kaya akan antioksidan yang membantu memblokir oksidasi yang menghasilkan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis, mentimun terbukti bermanfaat dalam mencegah timbulnya kanker.

Properti detoksifikasi bersama dengan properti antioksidan mentimun melawan sel-sel radikal yang ada di tubuh.

9. Meningkatkan kesehatan ginjal

Salah satu manfaat utama lainnya dari mengonsumsi mentimun secara teratur adalah membantu menurunkan kadar asam urat dalam sistem tubuh, sehingga menjaga ginjal dalam kondisi yang baik.

Ini juga dianggap sebagai obat alami untuk membersihkan ginjal, karena membersihkan puing-puing dan melarutkan batu ginjal kecil.

10. Menyembuhkan sakit maag

Manfaat makan mentimun masuk jauh ke dalam sistem. Ketika sampai pada sakit maag, sifat mendinginkan mentimun melakukan pekerjaan yang luar biasa.

Alkalinitas mentimun membantu menyembuhkan sakit maag. Jus mentimun dapat dikonsumsi hingga dua gelas setiap hari untuk meredakan nyeri.

11. Mengatur tekanan darah

Sarat dengan serat, kalium dan magnesium; mentimun telah mendapatkan reputasi sebagai yang sangat membantu dalam mengendalikan tekanan darah.

Baik itu tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, mentimun dingin bermanfaat dalam kedua kondisi tersebut.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini