Hanoi Sao La, Maskot SEA Games 2021 yang Ramah Lingkungan Terbuat Dari Kayu Nangka

Hanoi Sao La, Maskot SEA Games 2021 yang Ramah Lingkungan Terbuat Dari Kayu Nangka Msakot SEA Games 2021 Vietnam, Hanoi Sao La/en.vietnamplus.vn.

RAGAM NUSANTARA - Sudah menjadi kewajiban suatu event memiliki maskot yang mewakili semangat event tersebut.

Termasuk ajang olahraga dua tahunan SEA Games 2021 di Vietnam yang memiliki maskot unik karena dibuat dengan tangan yang berbahan dasar kayu pohon nangka.

Pembuatan maskot dari kayu nangka itu tak lepas dari momen penyelenggaraan SEA Games 2021 yang mengusung peduli lingkungan atau go green.

Dikutip dari vietnamplus, maskot SEA Games 2021 tersebut diciptakan dan disesain oleh perajin lokal bernama bernama Nguyen Tan Phat.

Awalnya Nguyen Tan Phat membuat sketsa desain di atas kertas. Dia kemudian menerapkannya pada kayu nangka yang lantas dipahat dengan ketelitian tinggi.

Setelah menjadi bentuk dasar maskot, langkah terakhir dalam proses ini adalah mewarnainya. Maka terciptalah maskot SEA Games 2021 yang dinamai Sao La.

Maskot Sao La merupakan seekor Saola, yaitu binatang endemik yang bisa dijumpai di Vietnam dan Laos.

Secara bentuk, Saola memiliki kemiripan dengan hewan fantasi, unicorn. Hanya saja Saola memiliki dua tanduk lurus, bukan satu.

Pada SEA Games 2021, Saola memiliki nama resmi Hanoi Sao La. Dalam event kali ini, Hanoi Sao La merupakan cerminan dari yang ramah, fleksibel, dan gesit atau cakap seperti halnya atlet saat bertanding.

Maskot Sao La menjadi suvenir yang ideal bagi wisatawan karena sarat dengan cerita rakyat Vietnam dan menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu nangka, laterit, dan kerang.

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini