Plat Nomor Kendaraan Diganti Jadi Putih, Ini Dua Jenis Kendaraan yang Tidak Berubah

Plat Nomor Kendaraan Diganti Jadi Putih, Ini Dua Jenis Kendaraan yang Tidak Berubah Plat nomor angkutan umum tetap berwarna kuning/organda.

RAGAM NUSANTARA - Pertengahan Juni 2022 Polri akan mengganti plat nomor kendaraan secara bertahap.

Rencananya plat nomor kendaraan yang saat ini dugunakan akan diganti dengan plat dengan dasar warna putih dan tulisan hitam.

Namun tidak seluruh kendaraa bermotor platnya akan diganti dan ada dua jenis kendaraan yang tidak mengalami perubahan warna.

Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Kombes Pol M Taslim Chairuddin mengatakan, warna pelat kendaraan angkutan pemerintahan dan angkutan umum tetap sama dengan yang sebelumnya.

Baca Juga: Tak Ada Syarat Khusus untuk Pergantian Plat Nomor Putih, Begini Penjelasan Polri

"Sementara TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor) kendaraan pemerintahan tetap dengan warna merah, untuk angkutan umum tetap dengan warna dasar kuning," kata Taslim dikutip dari pmjnews.

Sementara itu, untuk peruntukan TNKB baru berwarna putih dan tulisan hitam sama dengan spesifikasi lama, yaitu untuk kendaraan pribadi dan perusahaan.

"TNKB spesifikasi baru warna dasar putih tulisan hitam sekali lagi sama dengan TNKB spesifikasi lama, diperuntukkan untuk kendaraan kepemilikan pribadi atau perusahaan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Korlantas Polri menargetkan keseluruhan kendaraan telah menggunakan pelat nomor warna putih pada tahun 2027 mendatang. Nantinya, perubahan pelat nomor itu mulai dilakukan pada tahun ini.

Baca Juga: Panduan MUI Tentang Pelaksanaan Ibadah Kurban Saat Kondisi Wabah PMK

"Tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih. Karena kan sudah lima tahun," tutur Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus.

Adapun dalam kurun waktu lima tahun itu, Yusri mengungkapkan, ada beberapa kendaraan prioritas yang bisa mengganti pelat hitam menjadi putih. Yaitu, kendaraan baru yang sudah memasuki pembayaran pajak lima tahunan dan kendaraan yang dimutasi atau berpindah daerah.

"Kalaupun ada nanti diprioritaskan untuk kendaraan baru dan kendaraan yang harus diganti TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor) dalam pembayaran pajak tahun ke-5," tandas Sambodo.

Seperti diketahui, penerapan TNKB berwarna dasar putih ini salah satunya bertujuan untuk memudahkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik yang saat ini telah diberlakukan.

Adapun peraturan perubahan warna baru pelat nomor kendaraan tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 45.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini