Yuk Berkenalan dengan Rumah Seni Ropih, Si Pelopor Penjual Lukisan di Jalan Braga

Yuk Berkenalan dengan Rumah Seni Ropih, Si Pelopor Penjual Lukisan di Jalan Braga Deretan lukisan di Jalan Braga Bandung. (Humas Pemkot Bandung)

TERASBANDUNG.COM - Jalan Braga merupakan salah satu objek wisata di Kota Bandung yang terkenal hingga ke manca negara.

Di sepanjang jalan Braga para wisatawan akan dimanjakan oleh sederet lukisan yang tak hanya di jual juga menjadi latar belakang saat berselfie.

Namun sebelum para penjual lukisan-lukisan menggelar dagangannya di Braga, jauh sebelum terdapat satu rumah seni yang menjadi pelopor penjualan lukisan di jalan Braga.

Rumah seni tersebut bernama Rumah Seni Ropih yang merupakan rumah seni yang didirikan oleh seniman asal Bandung, yakni Abah Ropih pada tahun 2000-an.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Ibu Kota Nusantara Segera Dibangun Mulai Agustus 2022

Menurut pengelola Rumah Seni Ropih, Tata menjelaskan, penjualan lukisan di Jalan Braga didasari keinginan untuk membuat pameran seni, namun terkendala dana.

"Berawal dari niat untuk menunjukkan lukisan yang dibuat, namun untuk menunjukkan di pameran saat itu terkendala oleh dana karena pameran memerlukan banyak biaya. Sehingga muncullah ide untuk melakukan pameran di jalanan yaitu di Jalan Naripan depan Gedung Sarinah," ungkap Tata dilansir dari laman resmi Kota Bandung.

Tata memaparkan bahwa Abah Ropih mengajak seniman lain untuk ikut menunjukkan dan menjual karyanya hingga merambah di sepanjang Jalan Braga.

Saat ini terdapat sekitar 10 pedagang lukisan, dengan jumlah seniman hingga ratusan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Unik di Bandung, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Braga dipilih sebagai tempat berjualan lukisan karena memiliki nilai sejarah bagi seniman di Kota Bandung.

"Pementasan seni pertama di Bandung pun dilaksanakan di Braga sehingga Abah Ropih memilih Braga untuk berjualan lukisan," ungkap Tata.

Dengan adanya penjual lukisan di jalan Braga, membuat lebih banyak masyarakat yang tertarik dengan lukisan. Bahkan hingga menarik perhatian turis mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, hingga Eropa.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini