Penting Diketahui, 4 Gejala Kolesterol yang Dirasakan di Beberapa Bagian Tubuh

Penting Diketahui, 4 Gejala Kolesterol yang Dirasakan di Beberapa Bagian Tubuh Ilustrasi. Sakit kepala. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Ada banyak mungkin tidak sadar bila kadar kolesterol di dalam tubuh telah melebihi batas normal. Karena pada dasarnya Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu.

Kolesterol tinggi biasanya bisa diketahui jika melakukan tes kolesterol. Tapi ada juga yang menyadari kolesterol tinggi saat mengalami berbagai gejala dari komplikasi kolesterol.

Untuk mengetahui lebih lanjut beberapa gejala kolesterol tinggi, berikut ini bisa diketahui dengan tanda-tanda nyeri di sejumlah area tubuh, seperti dilansir dari laman Times of India.

BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata di Bandung Paling Hits dan Banyak Dicari Wisatawan

1. Mati Rasa di Kaki

Salah satu tanda kolesterol tinggi bisa jadi adalah perasaan mati rasa di kaki. Ini menandakan pembentukan plak telah berkembang di arteri dan pembuluh darah lainnya.

Gangguan aliran darah mencegah darah yang kaya oksigen mencapai lengan dan kaki, sehingga menyebabkan rasa sakit dan sensasi kesemutan yang tidak nyaman.

Tanda dan gejala lain dari penyakit pada tungkai dan kaki termasuk kram, luka yang tidak kunjung sembuh, dan tungkai atau kaki dingin.

2. Kuku Pucat

Plak inilah yang disimpan di arteri yang membuat arteri menyempit. Ketika kolesterol ekstra menyempit atau menyumbat arteri, maka itu membatasi aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk kuku.

Ini bisa membuat kuku dengan garis-garis gelap di bawahnya. Ini adalah garis tipis, merah hingga coklat kemerahan di bawah kuku. Garis-garis ini biasanya berjalan ke arah pertumbuhan kuku.

BACA JUGA: Berantas DBD Paling Efektif Bukan dari Fogging, Lakukan Langkah Ini Lebih Efektif

3. Pegal-pegal, Kesemutan dan Sakit Kepala

Mereka yang mengalami gejala kolesterol tinggi akan cenderung lebih mudah mengalami sakit kepala, pegal-pegal, mudah lelah, dan mudah mengantuk.

Ciri-ciri kolesterol tinggi ini ternyata disebabkan oleh semakin menurunnya asupan oksigen menuju ke otak karena menumpuknya plak di dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah.

4. Nyeri Persendian

Gejala kolesterol tinggi yang paling sering muncul adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian yang kemudian disertai dengan pembengkakan dan kulit kemerahan.

Selain itu, saat bangun tidur, penderita kolesterol tinggi juga cenderung mudah terkena kesemutan berulang-ulang kali. Jika kadar asam urat di dalam tubuh semakin tinggi, maka rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah.

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini