4 Tip Mengatasi Kulit Kering, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

4 Tip Mengatasi Kulit Kering, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

TERASBANDUNG.COM - Kulit kering sering kali disebabkan faktor lingkungan tertentu yang menghilangkan kelembapan kulit.

Seperti mandi air panas, perubahan iklim, sabun yang keras, dan produk perawatan kulit yang digunakan secara kimiawi yang semuanya dapat memicu kelembapan kulit.

Sebagaimana dikutip dari Pinkvilla, berikut ini beberapa tip mudah dan tidak merepotkan, menggunakan pengobatan rumahan untuk mengatasi gejala kekeringan dan mengembalikan kelembapan kulit.

1. Oleskan pelembab segera setelah mandi

Secara otomatis kulit kita cenderung tetap dan menjadi kering setelah dicuci atau mandi. Semakin lama mandi, kemungkinan kulit menjadi lebih kering.

Untuk menghindari kondisi seperti itu, segera setelah kering oleskan pelembab pada kulit dengan mempertimbangkan pelembab yang tepat sesuai dengan jenis kulit kamu.

Pelembab dapat mengisi pori-pori kulit kita yang terbuka dan berfungsi melembabkan kulit secara mendalam.

2. Berhenti menggunakan produk yang mengandung bahan kimia

Produk yang mengandung bahan kimia seperti produk berbahan dasar alkohol, asam alfa-hidroksi yang digunakan dalam de-tan, pewangi untuk deodoran, parfum dan sabun serta retinoid, dapat sangat merusak tekstur kulit.

Jadi gunakan produk bebas kimia dan hindari produk perawatan tubuh berbahan kimia sebanyak mungkin.

3. Gunakan salep alami

Cobalah untuk mengoleskan krim dan salep alami yang bekerja dan membantu melembabkan kulit secara mendalam tanpa mempengaruhi kerusakan lebih lanjut.

Beberapa bahan salep yang sangat efektif dan menutrisi kulit adalah minyak jojoba, dimetikon, gliserin, asam hialuronat, asam laktat, lanolin, minyak mineral, minyak bumi, shea butter.

4. Hindari pakaian alergen dan iritan

Terjadinya kulit kering yang tidak biasa mungkin terkait dengan pakaian yang dikenakan atau apa yang membuat kulit terbuka.

Bahkan duduk di dekat perapian, menghabiskan waktu di air yang mengandung klorin atau yang diolah secara kimiawi atau bahkan mengenakan pakaian wol dapat mengiritasi kulit Anda dan membuatnya terasa kering.

Semoga tip sederhana mengatasi kulit kering ini bermanfaat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini