Awas Masalah Kuku Bisa Jadi Pertanda Penyakit Tiroid

Awas Masalah Kuku Bisa Jadi Pertanda Penyakit Tiroid Ilustrasi. Kuku. (pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Pakar kulit dari AS, dr Andrea Suarez, mengungkap masalah pada kuku termasuk kuku rapuh dan tumbuh lambat bisa menjadi petunjuk awal dari penyakit tiroid.

Seperti diketahui, penyakit tiroid merupakan gangguan yang disebabkan oleh kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid.

Kondisi ini bisa menyebabkan masalah lebih lanjut seperti jantung dan penglihatan, karenanya deteksi dini menjadi sangat penting.

Namun, kata dr Andrea Suarez tak semua masalah pada kuku terkait dengan penyakit tiroid.

Berikut ini 5 masalah kuku yang bisa jadi tanda awal penyakit tiroid, menurut Suarez seperti dilansir dari laman The Sun, Jumat 18 Agustus 2022.

1. Kuku Sendok

Koilonychia atau kuku sendok terjadi ketika kuku secara harfiah terlihat seperti sendok, di mana lempeng permukaan kuku menjorok ke dalam dan benar-benar terlihat seperti sendok kecil.

“Anda bisa mengambil air dan meletakkannya di atas lempeng kuku. Jika itu kuku sendok, maka air akan bertahan tidak akan mengalir ke samping,” kata Suarez.

Koilonychia, yang lebih sering terlihat dengan tiroid yang terlalu aktif, tidak spesifik untuk penyakit tiroid. Ini bisa terjadi dengan psoriasis, anemia defisiensi besi dan diabetes, misalnya. Jadi ada baiknya berkonsultasi dengan dokter

2. Kuku Rapuh

Dr Suarez menjelaskan, 22 persen kasus kuku rapuh yang terkait dengan penyakit tiroid terlihat pada orang dengan masalah tiroid autoimun. Sedangkan 14 persen terlihat pada mereka yang memiliki penyakit tiroid non-autoimun.

“Kuku rapuh lebih sering terjadi pada tiroid yang kurang aktif karena ada penurunan aliran darah ke ujung jari,” jelas dia.

3. Kuku Pecah-pecah

Dr Suarez mengatakan temuan kuku yang paling umum dari tiroid yang kurang aktif adalah kuku yang pecah-pecah. "Itu masuk akal lagi, karena pembuluh darah mungkin mengempis dalam upaya menjaga suhu inti tubuh yang tidak Anda dapatkan," kata dia.

Kerapuhan lempeng kuku mungkin merupakan temuan paling umum dan hipotiroidisme (tiroid kurang aktif), di mana dilaporkan pada 70 persen kasus.

4. Kuku Lepas

Temuan umum lainnya dari masalah tiroid adalah onycholysis. Onycholysis mengacu kondisi dimana kuku terlepas dari bantalan kuku. Lempeng kuku juga terlihat seperti noda putih besar, bintik putih besar. Ini dimulai di ujung kuku, tetapi dapat meluas ke arah kutikula.

“Kondisi ini mungkin lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki tiroid yang terlalu aktif akibat keringat berlebih,” kata dr Suarez.

5. Bintik Putih

Bintik atau garis putih secara medis dikenal sebagai leukonychia dan merupakan ciri langka dari tiroid yang kurang aktif. Namun, dr Suarez mengatakan bintik-bintik putih bisa jadi akibat kehamilan, psoriasis, dan bisa juga akibat manikur yang buruk.

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini