Tak Hanya Domba dan Jaket Kulit, Garut Juga Punya Destinasi Wisata Alam yang Baru Direvitalisasi

Tak Hanya Domba dan Jaket Kulit, Garut Juga Punya Destinasi Wisata Alam yang Baru Direvitalisasi Wajah terkini Situ Bagendit setelah direvitalisasi. (Instagram @situbagendit.official_)

TERASBANDUNG.COM - Garut tidak hanya dikenal sebagai daerah produsen jaket kulit, melainkan ada sebuah lokasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi dan baru saja direvitalisasi.

Wisata alam yang kini menjadi andalan pendapatan daerah Kabupaten Garut Bernama Situ Bagendit, yang berada di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Situ Begendit memiliki luas lebih dari 100 hektare kini sudah tertata rapih dan memiliki banyak spot berfoto dan berbagai wahana.

Sejatinya, Situ Bagendit sudah lama menjadi destinasi wisatayang lokasi wisata ini berjarak hanya sekitar 4 km dari pusat kota Garut dan dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca Juga: Menilik Kota Bandung dari Jalan yang Tersedia, Panjang Jalan Terpendek Hanya 16 Meter

Dulu Situ Bagendit hanya bisa dinikmati wisatawan dari sebuah gazebo atau saung, atau naik kereta api berkeliling kawasan wisata tersebut. Kini, jalur kereta api telah diubah menjadi kawasan taman yang nyaman dengan pepohonan.

Sekarang Situ Bagendit bisa dinikmati dari ketinggian dengan cara naik ke menara pandang. Bahkan agar lebih meriah lagi, situ itu juga dilengkapi dengan wahana permainan, seperti sepeda air (bebek), naik rakit, naik kuda, becak mini, dan scooter untuk anak-anak.

Perubahan wajah Situ Begendit tak lain karena peran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Garut, pada 26 april 2019.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari laman resmi Pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia Tiga Rekomendasi Warung Makan Murah di Daerah Dipatiukur Bandung

Pada lebaran lalu, kawasan Situ Bagendit sudah dibuka untuk masyarakat umum. Berdasarkan data Pemkab Garut, pada hari kedua libur Lebaran pengunjung Situ Bagendit mencapai 10 ribu wisatawan. Harga tiket dipatok Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak.

Yuk tunggu apalagi, ajak keluarga berwisata ke Situ Bagendit.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini