David Rumakiek, Antara Debut Hingga Perjuangan Meraih Gelar Sarjana, Begini Ceritanya

David Rumakiek, Antara Debut Hingga Perjuangan Meraih Gelar Sarjana, Begini Ceritanya Bek Persib Bandung, David Rumakiek. (Instagram @kevinrumakiek_)

TERASBANDUNG.COM - Lama disimpan usai direkrut dari Persipura, bek kiri Persib David Rumakiek akhirnya mendapat kepercayaan dari pelatih Luis Milla.

Kesempatan itu datang saat Persib Bandung menjamu Barito Putera pada pekan ke-10 Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat 16 September 2022 lalu.

Pertandingan tersebut merupakan debut Kevin bersama Persib di Liga 12022/2023, ia masuk di menit 74 menggantikan Daisuke Sato.

"Pertama, saya bersyukur untuk debut di pertandingan melawan Barito Putera kemarin. Saya sampaikan terima kasih kepada pelatih Luis Milla dan staf pelatih lainnya atas kesempatan itu," kata David Rumakiek dilansir dari laman resmi Persib.

Baca Juga: Terpilih Jadi Pemain Muda Terbaik Pekan 10 Liga 1, Begini Komentar Beckham Putra Nugraha

Bagi David Rumakiek, kesempatan tersebut sangat berarti, meskipun hanya bermain selama sekitar 15 menit.

Namun, ia kini jauh lebih bersemangat untuk menunjukkan permainan yang lebih baik agar bisa berkontribusi lebih besar pada tim berjuluk Maung Bandung.

"Walaupun tidak banyak menit bermain yang didapatkan, saya tetap bersyukur dan semakin termotivasi. Semoga dari penampilan itu, saya bisa mendapat kesempatan lebih untuk bisa menampilkan permainan yang lebih baik lagi untuk tim," harapnya.

Pria yang memiliki nama lengkap David Kevin Wato Rumakiek ternyata seorang sarjana administrasi perkantoran dari Universitas Cendrawasih.

Menurut putra asli Papua ini gelar sarjana yang diraihnya dengan penuh perjuangan di sela-sela karirnya sebagai pemain sepak bola profesional.

Baca Juga: Bantu Loloskan Timnas ke Piala Asia U-20 2023, Begini Ungkapan Robi Darwis

Kala masih berbaju Persipura Jayapura, David Rumakiek kuliah usai berlatih, kemudian ketika hijrah ke Persib pada musim ini, Kevin melanjutkan kuliah jarak jauh.

“Dulu, waktu masih di tim lama, beres latihan saya langsung pergi ke kampus untuk kuliah. Semester akhir kemarin karena jauh di Bandung, saya terpaksa ikut kuliah online,” kata David Rumakiek.

Mantan pemain Timnas Indonesia berusia 23 tahun itu harus rela memangkas waktu santai untuk menyelesaikan pendidikannya.

Bagi David Rumakiek, pendidikan sangat penting dan ilmu yang didapatkannya pun bisa diterapkan suatu saat nanti jika sudah gantung sepatu.

“Pendidikan sangat penting. Jika kita tidak bermain bola lagi, bisa lanjut bekerja atau bekerja di bidang lainnya dengan pendidikan yang kita punya,” pungkasnya.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini