Tragedi 'Berdarah' di Kanjuruhan, PSSI Minta Maaf dan Larang Arema Gelar Laga Kandang

Tragedi 'Berdarah' di Kanjuruhan, PSSI Minta Maaf dan Larang Arema Gelar Laga Kandang Kericuhan terjadi seusai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya. (Foto: Twitter)

TERASBANDUNG.COM - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menghentikan kompetisi selama sepekan.

Keputusan tersebut merupakan buntut dari kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang seusai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023, Sabtu (1/10/2022).

Laga tersebut berakhir dengan kekalahan Arema FC 2-3 dari Persebaya. Akibatnya, suporter Arema mengamuk. Mereka turun ke lapangan, merusak sarana dan prasarana stadion.

Polisi lantas menembakkan gas air mata. Imbasnya, banyak suporter pingsan dan terinjak-injak.

Baca Juga : Respons PSSI Terkait Ricuh Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang

Kabar yang beredar, banyak korban meninggal dalam insiden tersebut. Namun belum ada keterangan resmi yang menjelaskan hal tersebut.

Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengumumkan BRI Liga 1 2022/23 resmi dihentikan sementara.

Kompetisi ini akan diliburkan selama satu pekan untuk memberikan penghormatan atas korban dalam insiden tersebut.

Selain itu, penghentian kompetisi selama sepekan juga dilakukan untuk melakukan investigasi terkait tragedi memilukan tersebut.

Baca Juga : Puluhan Orang Dikabarkan Tewas dalam Kericuhan Laga Arema FC vs Persebaya

"Keputusan tersebut [menghentikan BRI Liga 1 selama sepekan] kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semuanya dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI," ungkap Akhmad Hadian Lukita, Minggu (2/10/2022) dini hari.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan duka cita mendalam atas insiden di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

"PSSI menyesalkan tindakan suporter Aremania di Stadion Kanjuruhan. Kami berduka cita dan meminta maaf kepada keluarga korban serta semua pihak atas insiden tersebut. Untuk itu PSSI langsung membentuk tim investigasi dan segera berangkat ke Malang," kata Iriawan.

Iriawan menambahkan, PSSI mendukung pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus ini. Apalagi kejadian ini sangat mencoreng wajah sepak bola Indonesia.

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan selama satu pekan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," tukasnya.

Salah satu laga yang terkena imbas dari penghentian sementara kompetisi tersebut adalah Persib Bandung melawan Persija Jakarta.

Laga klasik tersebut rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/10/2022) pukul 16.00 WIB.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini