Manfaat Luar Biasa Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Kacang Panjang Bagi Kesehatan Kacang panjang. (Dadi Mulyanto)

TERASBANDUNG.COM - Kacang panjang adalah sayuran paling fenomenal dalam dunia kesehatan karena memiliki perannya dalam membentuk jantung sehat.

Sayuran ini menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah ditemui dimana-mana, hampir tiap pedagang sayur menjualnya.

Banyak pula kuliner Indonesia yang menggunakan kacang panjang sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatannya.

Baca Juga : Cara Paling Benar untuk Menghindari Penyakit Mata

Berikut ini 6 manfaat luar biasa dari kacang panjang bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah Diabetes

Hampir seluruh jenis sayuran kacang-kacangan dapat mengontrol kadar gula berlebih yang mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Selain itu, kacang panjang juga rendah akan kalori dan gula sehingga sangat aman untuk anda yang bermasalah dengan gula darah.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Terdapat pula kandungan pada kacang panjang yang menyehatkan jantung, sehingga membuat terhindar dari masalah penyakit jantung.

Kandungan vitamin K yang tinggi dalam nutrisi sayuran kacang panjang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah, yang merupakan faktor umum dalam penyakit arteri koroner dan gagal jantung.

Penelitian terbaru menunjukkan salah satu kategori vitamin K yakni vitamin K2, yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah pengapuran pada arteri koroner sehingga mencegah penyakit kardiovaskular.

Baca Juga : Makan Sambil Berdiri Tidak Dianjurkan dalam Islam, Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

3. Sumber antioksidan

Manfaat antioksidan sangat penting bagi tubuh, yaitu mencegah dan memerangi radikal bebas. Kacang panjang merupakan salah satu sumber penting yang kaya akan antioksidan.

Selain nutrisi antioksidan konvensional seperti vitamin C dan beta-karoten, kacang panjang juga mengandung mineral mangan yang penting untuk antioksidan.

Kacang hijau mengandung berbagai macam karotenoid (termasuk lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan neoxanthin) dan flavonoid (termasuk quercetin, kaemferol, catechin, epicatechins, dan procyanidins) yang semuanya telah terbukti memiliki sifat sebagai antioksidan.

4. Mencegah Osteoporosis

Tingginya kandungan vitamin K dalam kacang panjang merupakan salah satu faktor yang dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Kandungan vitamin K yang ada pada sayuran ini setidaknya dapat memenuhi lebih 20 % kebutuhan harian vitamin K yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga : Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Kota Bandung Imbau Pemuda Seimbangkan IQ, EQ, dan SQ

5. Baik Untuk Pencernaan

Fiber atau serat pada kacang panjang memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan yang dapat memperlancar sekresi yang Menghindarkan permasalahan pencernaan seperti sembelit atau penyakit yang lebih berbahaya yaitu kanker usus besar.

6. Kesehatan Tulang

Selain Osteoporosis, ada berbagai penyakit kelainan yang terjadi pada tulang yang sangat penting untuk kita hindari. Vitamin k dan Mangan yang terdapat pada kacang panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan menjadikannya kuat sampai tua.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini