Ejakulasi Dini Bisa Bikin Pria Trauma Berhubungan Intim, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Ejakulasi Dini Bisa Bikin Pria Trauma Berhubungan Intim, Kenali Gejala dan Pencegahannya Ilustrasi. (Foto Pixabay/niekverlaan)

TERASBANDUNG.COM - Sebuah penelitian yang diterbitkan Drug Discovery Today Journal tahun 2016 menyatakan, 20-30 persen pria di dunia pernah mengalami ejakulasi dini.

Melansir buku 'Terapi Seks: untuk Kebahagiaan & Keharmonisan Rumah Tangga' karya Sri Haryanti S. Nugroho, seorang pria bisa dikatakan mengalami ejakulasi dini ketika dia tak bisa mengendalikan ejakulasinya.

Kemudian, dikatakan dr. Akhada Maulana, Sp.U, Spesialis Urologi RSI Namira, ED dapat mengakibatkan seorang pria tidak percaya diri ketika berhubungan intim dengan pasangannya.

Jika ejakulasi dini dibiarkan berlanjut, para penderita bisa mengalami disfungsi ereksi.

Dampaknya, tidak lain perempuan yang menjadi pasangannya akan merasa sering kecewa dan tidak puas karena hubungan seks berakhir cepat. Lebih jauh, dorongan seks mereka bahkan bisa hilang.

Baca Juga : Ternyata Telur Setengah Matang Punya Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan, Cek Yuk!

“Pria yang mengalami ejakulasi dini akan mengalami ‘trauma’ saat akan berhubungan intim dan lama kelamaan bisa terjadi impotensi (gangguan ereksi) psikogenik, akibat psikis yang terganggu,” terang Akhada Maula, dikutip dari Rsinamira.

Penyebab Ejakulasi Dini

Dalam kebanyakan kasus, gangguan seks kerap kali diakibatkan oleh perpaduan antara faktor fisik dan psikologis. Beberapa penyebabnya, yakni:

Kondisi fisik

Ejakulasi dini bisa disebabkan oleh kondisi fisik yang mengalami masalah, misalnya karena darah tidak mengalir secara sempurna karena penyakit darah tinggi, kolesterol, diabetes, hingga pengerasan arteri.

Trauma saraf

Gangguan seks juga bisa disebabkan oleh trauma saraf karena cedera atau penyakit yang mengganggu hubungan sistem saraf dengan alat vital, seperti cedera tulang belakang, stroke, ataupun operasi prostat.

Stres

Pikiran kacau atau stres disinyalir bisa juga menyebabkan ejakulasi dini.

Baca Juga : Pentingnya Cuci Hidung untuk Kesehatan, Islam Sudah Ajarkan Lewat Istinsyaq

Konsumsi obat tertentu

Ejakulasi dini bisa juga terjadi ketika seorang pria mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping gangguan seksual.

Konsumsi alkohol dan merokok

Ejakulasi dini bisa juga disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebih, rutinitas merokok, dan penggunaan narkoba.

Jangan tunggu gangguan kesehatan yang Anda alami hingga parah, segera konsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini