Ternyata Telur Setengah Matang Punya Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan, Cek Yuk!

Ternyata Telur Setengah Matang Punya Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan, Cek Yuk!

TERASBANDUNG.COM - Telur setengah matang ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Yuk simak apa saja manfaat luar biasa dari terlu setengah matang ini.

Telur setengah matang dapat menurunkan berat badan. Selain rasanya enak, telur setengah matang juga menggandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat dengan mengkonsumsi telur setengah matang seperti dikutip dari laman Manfaat:

Baca Juga : Angkat Kota Bandung Jadi Ikon, Desainer Ini Ajak Ratusan Anak Mengenal Batik

1. Membantu menurunkan berat badan

Telur mengandung asam amino yang sangat tinggi. Inilah yang menjadi alasan mengapa telur setengah matang untuk sarapan.

Asam amino yang masuk ke dalam tubuh bisa diubah menjadi energi. Sehingga bisa membantu untuk membentuk otot – otot ataupun kulit.

Asam amino di dalam telur setengah matang bermanfaat sebagai sumber energi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan protein, dan bisa membantu kenyang lebih lama.

Selain itu, 75% lemak di dalam telur merupakan lemak tidak jenuh sehingga mudah diserap oleh tubuh.

2. Sebagai menu sarapan yang sehat

Dua buah telur setengah matang setiap hari untuk sarapan terbukti bisa mengecilkan lingkar pinggang. Lemak jenuh di dalam telur setengah matang juga merupakan sumber lemak tidak jenuh yang sangat baik.

Tidak seperti sumber protein atau lemak hewani lainnya, telur setengah matang tidak akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga : Angkat Kota Bandung Jadi Ikon, Desainer Ini Ajak Ratusan Anak Mengenal Batik

3. Membantu menguatkan daya ingat

Dua buah telur setengah matang merupakan sumber choline yang sangat tinggi. Choline adalah unsur yang sangat baik dan bisa meningkatkan kapasitas memori di dalam otak kita.

4. Telur setengah matang lebih kaya nutrisi

Dengan memasak telur setengah matang, ini artinya kuning telur tidak terlalu masak. Dan ini membuat nutrisi di dalam kuning telur tidak hilang sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh anda.

5. Telur membantu pembentukan otot

Tahukah anda jika telur bisa menjadi membantu dalam pembentukan otot? Telur sudah dikenal di kalangan para binaragawan sebagai menu yang sangat cocok untuk diet dan sumber protein yang dibutuhkan untuk pembentukan otot dalam tubuh.

6. Membantu menyehatkan mata

Kesehatan mata sangat penting sebagai fungsi penglihatan. Vitamin A adalah salah satu vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata.

Vitamin A juga merupakan salah satu nutrisi yang terkandung di dalam telur, dan di dalam telur setengah matang vitamin A yang terkandung jauh lebih banyak.

Sehingga konsumsi telur setengah matang jauh lebih baik dibandingkan telur yang sepenuhnya matang.

Baca Juga : Makan Sambil Berdiri Tidak Dianjurkan dalam Islam, Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

7. Membantu melancarkan metabolisme tubuh

Asam amino adalah zat atau nutrisi yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Telur setengah matang mengandung asam amino. Zat ini merupakan salah satu kandungan yang paling tinggi di dalam telur setengah matang.

8. Membantu menjaga kestabilan imun sistem

Asam amino mengandung banyak komponen yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Komponen di dalam asam amino dari telur setengah matang juga ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Sehingga bisa membantu tubuh untuk mencegah serangan berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini