Musim Penghujan, Dinkes Kota Bandung Imbau Warga Waspada DBD

Musim Penghujan, Dinkes Kota Bandung Imbau Warga Waspada DBD

TERASBANDUNG.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengimbau masyarakat waspada penyakit demam berdarah dengue (DBD) memasuki musim penghujan. Selain itu penyakit yang harus diwaspadai di musim hujan yaitu flu serta diare.

"Penyakit akibat musim hujan salah satunya DBD, saya kira PSN (pemberantasan sarang nyamuk) harus terus digalakkan lagi. Perubahan cuaca juga biasanya tidak sedikit yang terkena flu dan diare," jelas Sekretaris Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (4/10/2022).

Lebih jauh Anhar mengungkapkan, upaya mencegah penyakit DBD yaitu dengan menguras tempat air, menutup tempat air dan mengubur barang-barang yang berpotensi membuat air tergenang. Dengan pola seperti itu maka kasus DBD diharapkan dapat menurun.

Baca Juga : Pemkot Bandung akan Aktifkan Sungai Cisaranten Lama Demi Atasi Banjir Gedebage

Baca Juga : Kawasan Gedung Sate Kebanjiran Akibat Hujan Deras, Beruntung Dokumen Terselamatkan

"Yang pasti, kalau tidak ada genangan air tidak akan ada jentik nyamuk selesai sebenarnya. Kalau kenyataan masih banyak kasus DBD ini masih banyak genangan air," terang Anhar.

Sementara untuk flu, ia menganjurkan agar mencegahnya dengan cara menerapkan protokol kesehatan, mencuci tangan dan lainnya. Selain itu daya tahan tubuh harus lebih ditingkatkan.

Anhar juga menambahkan, total masyarakat yang terserang penyakit DBD hingga Agustus mencapai 4.196 kasus dengan sembilan orang meninggal dunia. Ssbanyak 2.121 orang pasien laki-laki dan 2.075 orang pasien perempuan.

"Pasien yang terkena DBD terbanyak pada awal Januari dan Februari. Sedangkan yang meninggal dunia terbanyak di bulan Februari dan Maret," tandasnya.***

Penulis: Tri Widiyantie | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini