5 Ide Bisnis Paling Menguntungkan Buat Para Pensiunan, Ikuti Tipsnya Dijamin Untung

5 Ide Bisnis Paling Menguntungkan Buat Para Pensiunan, Ikuti Tipsnya Dijamin Untung Ilustrasi. (Source: envato)

TERASBANDUNG.COM - Siapa saja yang menjadi karyawan pasti akan memasuki masa pensiun. Biasanya para pekerja akan pensiun setelah memasuki usia 55 hingga 65 tahun.

Karena sudah terbiasa bekerja dari pagi hingga sore hari, tidak sedikit calon pensiunan yang khawatir bosan berada di rumah. Untuk mencegah hal tersebut, tidak ada salahnya Anda mencoba memulai bisnis atau usaha sederhana.

Sebenarnya banyak ide bisnis yang cocok untuk pensiunan. Selain meningkatkan produktivitas, menjalankan bisnis setelah pensiun dapat membuat finansial “berjaya” meskipun sudah tidak bekerja di kantor.

Baca Juga : Musim Penghujan, Dinkes Kota Bandung Imbau Warga Waspada DBD

Dikutip dari laman resmi BUMN, berikut 5 ide bisnis yang cocok untuk pensiunan dan menguntungkan:

Menjual sembako

Ide bisnis untuk pensiunan yang pertama adalah membuka toko kelontong dan menjual sembako. Meskipun terlihat sederhana, namun jualan sembako dan berbagai kebutuhan pokok termasuk ide bisnis yang tidak ada matinya. Mengingat, sembako dan kebutuhan pokok akan selalu dibutuhkan masyarakat.

Supaya bisnis sukses, pastikan memilih produsen serta distributor sembako terpercaya dan berkualitas. Lalu, rekrut 1-2 karyawan untuk mengangkut dan mengantar sembako ke rumah pelanggan.

Jasa laundry kiloan

Semakin banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan laundry untuk mencuci pakaian, sepatu, hingga seprai. Tidak heran jika jasa laundry kiloan termasuk salah satu ide bisnis yang menguntungkan untuk pensiunan.

Hanya bermodalkan mesin cuci, pengering, setrika, dan berbagai kebutuhan mencuci lainnya, Anda bisa memulai jasa laundry kiloan di rumah.

Baca Juga : Kirmir Roboh, 10 Makam di TPU Sirnaraga Rusak hingga Kain Kafan Terlihat

Rental kendaraan

Karena sudah jarang dipakai, kendaraan di rumah jadi nganggur. Daripada dibiarkan mangkrak dan berisiko rusak, lebih baik kalau Anda menyewakan kendaraan pribadi kepada orang yang membutuhkan.

Jangan salah, rental kendaraan termasuk salah satu ide bisnis untuk pensiunan yang menguntungkan. Apalagi kalau Anda tinggal di daerah wisata. Supaya laris, beri harga sewa yang bersaing dan pastikan kendaraan nyaman dikendarai, ya!

Usaha kos-kosan

Mencari ide bisnis yang bisa dilakukan sambil tiduran, tapi tetap mendulang cuan? Bisnis kos-kosan adalah pilihan yang tepat, terutama jika Anda memiliki aset tanah yang masih “nganggur”.

Ibaratnya, dengan modal Rp500 juta, Anda bisa mencicil membuat kos-kosan sebanyak lima kamar. Dengan fasilitas lengkap, Anda bisa mematok harga sewa per kamar Rp1,5 juta/bulan.

Dalam setahun, Anda bisa mendapatkan Rp90 juta. Artinya, dalam kurun waktu 6 tahun, Anda bisa mulai balik modal dan mulai menikmati keuntungan dari bisnis kos-kosan tersebut.

Baca Juga : Zulfan Hariadi Sosok Inspiratif yang Tak Menyerah dengan Keterbatasan Asal Gang Kecil di Kota Bandung

Franchise atau waralaba

Satu lagi ide bisnis untuk pensiunan yang tidak kalah menarik adalah bisnis waralaba atau franchise. Banyak bisnis franchise yang bisa dipilih, mulai dari bisnis makanan, minuman, atau usaha lainnya.

Bisnis franchise sangat cocok untuk pemula. Selain modalnya yang relatif kecil dan perkembangan bisnis yang cepat, manajemen bisnis sudah terbentuk dengan baik.

Sehingga, Anda bisa langsung memulai bisnis tanpa perlu repot memikirkan ide dan sistem bisnis.

Itulah beberapa ide bisnis untuk pensiunan yang menguntungkan dan menarik dicoba.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini