Fungsi Teras Cihampelas Belum Optimal Bagi PKL, Pemkot Segera Benahi

Fungsi Teras Cihampelas Belum Optimal Bagi PKL, Pemkot Segera Benahi Teras Ciampelas Kota Bandung. (Humas Kota Bandung)

TERASBANDUNG.COM - Sebanyak 87 pedagang kaki lima (PKL) Teras Ciampelas akhirnya memutuskan berkomitmen kembali mengisi teras Cihampelas dari total 192 PKL.

Sebelumnya baru 50 PKL yang mau berkomitmen untuk memanfaatkan lahan Teras Ciampelas.

"Kita ingin semua penuh, semua PKL pindah ke teras Cihampelas. Mereka yang berkomitmen 87 PKL dari 192 PKL, kita jalan terus," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna di Teras Cihampelas, Rabu 12 Oktober 2022.

Ema memaparkan, pihaknya terus berupaya melakukan perkembangan berbagai perbaikan fasilitas untuk menunjang aktivitas di Teras Cihampelas.

Baca Juga : Harga Kedelai Terus Naik, Pengrajin Tahu Tempe Siap Lakukan Aksi Mogok Pekan Depan

Perbaikan tersebut meliputi perbaikan kios, pemasangan kanopi, fasilitas air bersih, perbaikan toilet, pemasangan fasilitas penerangan, WiFi dan instalasi listrik.

"Kami berkomitmen menghadirkan fasilitas atas aspirasi dari para pedagang. Semua dihadirkan setiap kekurangan kita perbaiki. Perbaikan fasilitas pun dilakukan, seperti penerangan, instalasi listrik dan air, hingga toilet," tuturnya.

Kendati demikian, Ema mengatakan, upaya tersebut harus dibarengi dengan komitmen bersama dengan seluruh stakeholder baik pemerintah maupun PKL untuk bersama menghidupkan kembali Teras Cihampelas.

Beberapa komitmen Pemkot Bandung di antaranya, Ema mengatakan akan menggunakan Teras Cihampelas sebagai tempat kegiatan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

"Saya telah memberikan arahan untuk membantu UMKM, ada OPD melakukan aktivitas di sini. Maminnya (makanan dan minuman) dari dagangan UMKM. Ada rapat atau sosialisasi, kita lakukan di sini. Silahkan dikelola oleh pengurus. Supaya kita menjadi bagian berkontribusi dalam peningkatan usaha," jelas Ema.

Baca Juga : Waduh, Ternyata Ada Kebiasaan yang Sama Buruknya dengan Merokok, Bisa Sebabkan Berbagai Penyakit!

Ia juga menbeberkan, akan mengadakan berbagai acara demi mendongkrak pengunjung yang datang ke Teras Cihampelas.

"Kita siapkan paket penunjang, misalnya nanti siapkan hiburan, panggung hiburan. Kita buat semacam Bandung Fashion Week misalnya. Kalau Manarik pengunjung pasti datang," kata dia.

Selain itu, Ema menyebut akan membantu terkait bantuan permodalan bagi para PKL.

"Ruang untuk bantuan permodalan dari UMKM terkait dampak inflasi. Kita mintakan mereka difasilitasi. Bisa juga kita koneksikan untuk menjadi anak asuh crs BUMN/BUMD," ujar dia.***

Penulis: Tri Widiyantie | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini