10 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Rp100 Ribuan Tersertifikasi Kominfo

10 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Rp100 Ribuan Tersertifikasi Kominfo Ilustrasi. Daftar harga set top box (STB) TV digital rekomendasi Kominfo. (Youtube/@Tamtam Boys)

TERASBANDUNG.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan penghentian siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO).

Kominfo mengupayakan analog switch off (ASO) untuk migrasi ke tv digital bisa dilaksanakan pada 2 November 2022.

Salah satu persiapan yang dilakukan ialah memastikan multiplexing terlaksana baik oleh lembaga penyiaran publik maupun swasta.

Kemudian, pemerataanpembagian set top box (STB) untuk rumah tangga miskin dan sosialisasi TV digital ke masyarakat.

Bagi masyarakat bukan kategori miskin, sosialisasi perlu dilakukan agar mereka menyiapkan STB atau TV digital secara mandiri.

Baca Juga : Jadwal Acara TV Minggu, 30 Oktober 2022 di RCTI, Trans TV, Trans 7, SCTV, , GTV, MNCTV, Indosiar, ANTV, dan NET TV

Jadi bagi masyarakat yang televisinya masih merupakan televisi yang hanya menangkap siaran TV analog maka diharuskan memasang Set Top Box (STB) supaya nantinya bisa menerima siaran TV digital.

Saat ini Set Top Box TV Digital sudah bisa dibeli di toko elektronik, baik online maupun offline. Tapi perlu diperhatikan untuk membeli STB yang sudah tersertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Selain itu STB TV digital yang sudah tersertifikasi Kominfo memiliki fitur Early Warning System (EWS). Fitur ini akan menampilkan informasi kebencanaan di layar televisi.

Soal harga tak perlu khawatir, STB TV digital yang sudah tersertifikasi Kominfo dibanderol terjangkau. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 100 ribuan.

Baca Juga : 3 Hari Lagi TV Analog Dimatikan, Berikut Penjelasan Lengkap Cara Pindah ke TV Digital

1. Venus Brio

Venus Brio Set Top Box ini mampu memancarkan sinyal gambar dan suara dengan kualitas penerimaan yang lebih tajam serta jernih di layar TV dibandingkan siaran analog. Menjamin tidak ada semut dan bayangan sama sekali pada gambar.

Harga Venus Brio Rp 155.000.

2. Goldsat Revo

Goldsat Revo bisa digunakan untuk menangkap siaran TV digital. Selain itu dapat memutar YouTube atau IPTV bila terkoneksi internet.

Harga Goldsat Revo Rp 160.000.

3. Luby Digitant

Fungsi utama STB Luby Digitant adalah untuk memungkinkan pengguna TV analog menonton siaran digital. Namun bila terkoneksi internat dapat membuka YouTube dan TikTok.

Harga Luby Digitant Rp 160.000.

4. Evercos STB

Evercos STB dapat menangkap siaran TV digital. Namun pengguna dapat menjalankan YouTube atau TikTok bila terkoneksi internet.

Harga Goldsat Revo Rp 160.000.

Baca Juga : Seluruh Puskemas di Kota Bandung Bakal Dilengkapi Apoteker

5. Winasat HD-88

Winasat HD-88 bisa digunakan untuk menangkap siaran TV digital. Harga STB Winasat HD-88 Rp 160.000.

6. Tanaka T2

Tanaka T2 diklaim lebih peka terhadap sinyal dibanding STB lain. Gambar bening karena berkualitas Full HD.

Harga Tanaka T2 Rp 160.000

7. Aldo STB 03

Aldo STB 03 tidak sekadar untuk menangkap siaran digital. Perangkat ini dapat memutar YouTube, TikTok dan WeTV, asalkan terkoneksi dengan internet.

Harga Aldo STB 03 Rp 170.000.

8. Welhome Crown

Selain bisa menangkap siaran tv digital, Welhome Crown dapat menjalankan aplikasi YouTube dan Vidio saat terkoneksi internet.

Harga Welhome Crown Rp 170.000.

Baca Juga : Rancasari Kini Punya Kawasan Kampung Cengek dan Mangga

9. Advan Digipro DVB-10KK

STB Advan Digipro DVB-10KK diklaim lebih peka terhadap sinyal dibanding perangkat sejenisnya. Perangkat ini juga dijanjikan dapat memutar YouTube asalkan terkoneksi dengan internet menggunakan dongle.

Harga Advan Digipro DVB-10KK Rp 175.000.

10. Matrix Apple DVB-T2 Kuning

STB Matrix Apple DVB-T2 Kuning mendukung resolusi Full HD. Pengguna bisa memutar YouTube dengan menggunakan WiFi dongle.

Fitur lain yang diberikan Meecast yang memungkinkan memutar konten dari HP, tablet maupun laptop ke layar televisi.

Harga Matrix Apple DVB-T2 Kuning Rp 180.000.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini