Ternyata Tak Hanya Anak-Anak, Orang Dewasa Juga Harus Lakukan Imunisasi

Ternyata Tak Hanya Anak-Anak, Orang Dewasa Juga Harus Lakukan Imunisasi Ilustrasi. (Pemkot Bandung)

TERASBANDUNG.COM - Pencegahan penyakit tertentu dapat melalui imunisasi tak hanya dilakukan untuk anak-anak, tetapi orang dewasa dan lanjut usia pun dinilai perlu melakukannya.

Hal ini menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan dengan pembentukan kekebalan tubuh.

Imunisasi adalah salah satu bentuk pencegahan penyakit sejak dini yang dinilai efektif. Akan tetapi, masyarakat masih banyak yang lupa jika imunisasi bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Hal itu sebagaimana disampaikan Dokter spesialis anak dari Yayasan Orang Tua Peduli, Purnamawati Sujud.

Baca Juga : 10 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh dan Otak

Imunisasi juga, lanjutnya, merupakan pencegahan penyakit paling efektif dan efisien, “Pencegahan penyakit melalui imunisasi itu paling cost effective. Artinya, efisien dan hasilnya baik,” terangnya.

Usia dewasa adalah masa-masa produktif dengan segala aktivitas yang padat. Dengan begitu, gaya hidup, pola makan, olahraga dan istirahat menjadi hal-hal yang menentukan kondisi kesehatan saat dewasa hingga sampai tahap usia lanjut.

“Upaya tetap sehat dilakukan dengan mencegah penyakit, salah satunya melalui imunisasi untuk menjaga kekebalan tubuh. Manfaat imunisasi ini pun dapat dirasakan tidak hanya oleh orang yang diimunisasi, tetapi juga oleh sekitar, termasuk keluarga dan lingkungan,” terangnya dilansir dari CNN.

Sementara itu, Dokter spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog, Dirga Sakti Rambe menyebut bahwa pada saat pandemi seperti saat ini, orang dewasa dapat melakukan imunisasi maupun vaksinasi influenza dan pneumonia atau PVC.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Makanan Paling Enak Disantap Saat Hujan

“WHO secara spesifik menyebutkan, setidaknya ada dua penelitian besar yang menunjukkan bahwa pasien yang terkena COVID-19, tetapi sebelumnya pernah vaksinasi influenza, risiko kematiannya lebih rendah dan dampaknya ketika tertular lebih ringan,” paparnya.

Dokter Dirga juga menyebutkan salah satu kisah kesuksesan penekanan penyakit melalui imunisasi adalah pencegahan penularan penyakit smallpox atau cacar.

Akibat imunisasi yang masif, penyakit ini musnah sejak 1979. Dalam data WHO, setidaknya ada 2-3 juta nyawa terselamatkan dari penyakit yang bisa dicegah melalui imunisasi.

Dengan demikian, dokter Dirga menyarankan agar masyarakat senantiasa melakukan imunisasi sebagai upaya pencegahan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini