10 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh dan Otak

10 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh dan Otak Ilustrasi. Sarapan pagi. (Freepik)

TERASBANDUNG.COM - Sarapan pagi memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Bagi Anda yang masih sering melewatkan waktu sarapan ada baiknya baca manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh berikut ini.

Sarapan seperti dikutip dari Kementerian Kesehatan, tidak hanya sekedar menghilangkan rasa lapar di pagi hari sebelum beraktivitas.

Disebutkannya, sarapan merupakan kebutuhan tubuh yang seharusnya dipenuhi mengingat dalam waktu sekitar 6 jam saat seseorang tidur tidak mengkonsumsi makanan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Makanan Paling Enak Disantap Saat Hujan

Dengan mengkonsumsi sarapan akan dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, serta menganalisis sesuatu.

Sarapan mempengaruhi kerja otak lewat dua mekanisme, yaitu meningkatkan efisiensi proses berpikir serta menyediakan zat gizi yang esensial bagi sistim saraf pusat.

Sarapan yang dilakukan dengan rutin juga terbukti membawa pengaruh positif terhadap metabolisme tubuh.

Rutinitas sarapan juga menjamin terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Indonesia Ini Paling Eksotis, Pernah Coba?

1. Memberikan Energi Lebih

Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.

2. Menyegarkan Otak

Manfaat sarapan juga baik untuk otak Anda. Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak Anda dapat berpikir lebih baik dan cepat.

3. Menjaga Konsentrasi

Sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir Anda dan menjaga Anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.

4. Mencegah Penyakit Maag

Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.

5. Menyehatkan Tubuh

Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang.

Baca Juga : 5 Manfaat Luar Biasa dari Tusuk Gigi Yang Belum Banyak Diketahui

6. Menghindari Makan Tak Terkontrol

Sarapan pagi menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak camilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan.

7. Menambah Nutrisi dan Meningkatkan Energi Tubuh

Sarapan menyediakan proporsi asupan total nutrisi sepanjang hari secara signifikan dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin.

8. Penurunan Berat Badan Tubuh

Mengkonsumsi makanan sehat pada saat bangun tidur dapat memberi peningkatan metabolisme tubuh, jika Anda sedang dalam program diet, hal yang diinginkan adalah meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak

Baca Juga : Sering Cepat Lelah Saat Bersepeda, Ikuti 6 Tips Ini Dijamin Ngacir Terus

9. Koordinasi Tubuh Lebih Baik

Manfaat sarapan pagi bagi tubuh yakni mengkoordinasi tubuh untuk menjadi lebih baik. Anda yang memiliki masalah pada keseimbangan tubuh bisa memperbaikinya dengan mengkonsumsi sarapan pagi secara teratur.

10. Mengurangi Resiko Stres

Dalam keadaan perut kosong di pagi hari dengan aktifitas padat serta tekanan pekerjaan yang tinggi dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak baik akan membuat Anda mudah stres. Maka, manfaat sarapan pagi itu adalah mengurangi resiko stres tersebut.

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini