Bali Tuan Rumah G20, Ini 10 Titik Jalan yang Akan Direkayasa Korlantas Polri

Bali Tuan Rumah G20, Ini 10 Titik Jalan yang Akan Direkayasa Korlantas Polri Ilustrasi rekayasa lalu lintas selama KTT G20 berlangsung di Bali. (pmjnews)

TERASBANDUNG.COM - KTT G20 berlangsung di Bali mulai hari ini Jumat 11 September 2022.

Korlantas Polri menerapkan sistem ganjil genap untuk kendaraan dalam rangka melakukan pengamanan dan kesuksesan KTT G20.

Dilansir dari laman resmi Korlantas Polri, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi akan dilakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik jalan di Bali.

Penerapan rekayasa lalu lintas berdasarkan sistem ganjil genap nomor plat kendaraan mobil akan berlangsung hingga hari Kamis pekan depan.

Baca Juga: Catatan Kritis untuk Industri Media Tanah Air dan Tanggung Jawab Sosial Jurnalis

“Sistem pelat nomor mobil ganjil genap akan diberlakukan selama sepekan di 10 titik lokasi selama 11-17 November 2022,” ujar Firman Shantyabudi.

“Manajemen traffic sudah kita laksanakan, direncanakan memang sudah dari beberapa rapat koordinasi kementerian, nanti tanggal 11-17 November 2022 ada manajemen traffic untuk waktu dan rute ruas jalan tertentu di Bali,” paparnya.

Firman menuturkan, kepolisian juga akan melakukan pembatasan operasional angkutan barang guna meminimalkan pergerakan kendaraan angkutan berat. Sesuai Surat Edaran Ditjen Perhubdar Darat Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pengaturan Lalu Lintas, pemberlakuan aturan tersebut dilakukan mulai pukul 06.00 WITA sampai dengan pukul 22.00 WITA.

“Kemudian arahan gubernur tentang tindak lanjut untuk pekerja (WFH) dan sekolah dilakukan melalui daring untuk mengurangi pergerakan masyarakat pada hari-hari atau jam-jam tertentu,” ucapnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah No Signal TV Digital Menggunakan Set Top Box, Ikuti Langkah Ini 1 Menit Selesai

Lebih lanjut, penerapan tersebut dilakukan sebagai bagian dari mengurangi kepadatan lalu lintas dan memudahkan mobilitas para delegasi, kepala negara anggota G20 rekayasa, serta mengantisipasi antisipasi gangguan. Selain itu juga dimaksudkan agar tidak mengganggu kegiatan dan aktivitas masyarakat sehingga tercipta situasi nyaman, aman, dan lancar.

Berikut 10 lokasi yang memberlakukan ganjil genap di Bali selama KTT G20:

1. Jalan Simpang Pesanggaran – Simpang Sanur.

2. Simpang Kuta – Simpang Pesanggaran

3. Simpang Kuta – Tugu Ngurah Rai

4. Tugu Ngurah Rai – Nusa Dua

5. Simpang Pesanggaran – Gerbang Benoa

6. Simpang Lapangan Terbang – Tugu Ngurah Rai

7. Jimbaran – Uluwatu

8. Jalan Tol Bali Mandara

9. Jalan Uluwatu Dua

10. Jalan Raya Kampus Universitas Udayana.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini