Pemkot Belum Bisa Gelar Car Free Day, Alasannya Karena Kasus Covid-19 di Bandung Meningkat

 Pemkot Belum Bisa Gelar Car Free Day, Alasannya Karena Kasus Covid-19 di Bandung Meningkat Dokumentasi. Car Free Day (CFD) di Jalan Dago Kota Bandung. (myeatandtravelstory.wordpress)

TERASBANDUNG.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung hingga saat ini belum bisa menggelar Car Free Day (CFD) karena kasus Covid-19 kembali meningkat.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung, tercatat hingga Kamis, 11 November 2022 terdapat 912 kasus aktif harian dengan total penambahan 33 kasus dalam satu hari.

Kondisi tersebut juga yang menjadi pertimbangan utama pelaksanaan CFD di Kota Bandung yang belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Kita sudah rapatkan, apalagi covid sedang meningkat nih kan. Jadi sekarang sedang disempurnakan regulasinya, sekarang covid juga kasus hari ini mengalami kenaikan ya tentunya ini masih belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat," kata Ketua Satgas Harian Covid-19 Kota Bandung, Asep Saeful Gufron di Balai Kota Bandung, Jumat 11 November 2022.

Baca Juga : Bali Tuan Rumah G20, Ini 10 Titik Jalan yang Akan Direkayasa Korlantas Polri

Saat disinggung kapan CFD bisa dilaksanakan di Kota Bandung, pihaknya saat ini belum dapat memastikan. Pihaknya masih terus mengkaji berbagai aspek mengingat CFD berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Masalah pasti kapan digelar, saya juga tidak bisa menjawab. Hari ini sedang dievaluasi, dikaji kembali dengan kondisi sekarang. Soalnya tingkat kasus dari hari ke hari terus meningkat," tuturnya.

"Yang pasti hingga saat ini sedang menyempurnakan regulasinya. Sudah ada regulasi tapi kita sempurnakan lagi karena kasus Covid-19 meningkat. Untuk kenaikan kasus kan mencermati dari hari ke hari," imbuhnya.

Sebelumnya, kegiatan Car Free Day (CFD) dan Car Free Night (CFN) batal dilaksanakan pada pekan lalu, Minggu, 6 November 2022.

Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, terkait CFD dan CFN, masih menunggu rekendasri dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

"Belum digelar besok, kayaknya Minggu depan kan harus ada surat keterangan (rekomendasi) dari satgas," ujar Asep, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu, 5 November 2022 lalu.

Baca Juga : Rumah Deret Tamansari Rampung Tahun 2023, Disediakan untuk 400 KK

Selain dari Satgas, lanjutnya, diperlukan juga koordinasi dengan kewilayahan dan pihak kepolisian serta TNI.

"Itukan ada wilayahnya di Lengkong, Buahbatu sama Dago, belum lagi yang di Alun-alun. Dari polisi dan TNI juga kita kolaborasi kan turun ke lapangan bareng-bareng," ujarnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan CFD di Kota Bandung biasanya digelar di Jalan Buah Batu dan Dago (Ir. H. Juanda) dari pukul 06.00-10.00 WIB. Sementara untuk pelaksanaan CFN digelar di Jalan Asia Afrika hingga Alun-Alun Kota Bandung.***

Penulis: Tri Widiyantie | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini