Ingin Nikmati Suasana Tahun Baru dengan Cara Berbeda? Kota Paris van Java Jawabannya!

Ingin Nikmati Suasana Tahun Baru dengan Cara Berbeda? Kota Paris van Java Jawabannya! Flyover Pasupati. (Diskominfo Kota Bandung)

TERASBANDUNG.COM - Mau menikmati suasana tahun baru 2023 dengan cara berbeda? Kota Paris van Java tentunya bisa jadi jawaban utama untuk kalian yang masih bingung menyusun agenda liburan tahun baru.

Memiliki jarak yang cukup dekat dengan Jakarta tentu menyebabkan kota satu ini selalu menjadi incaran para pelancong sebagai destinasi favorit merayakan pergantian akhir tahun.

Di Kota Bandung kamu bisa menikmati puncak perayaan malam tahun baru di sekitar kawasan jalan Asia Afrika yang biasanya menggelar berbagai pertunjukan dan festival.

Selain itu beberapa titik yang bisa dikunjungi termasuk Alun-alun kota, Bukit Moko, Tebing Keraton, dan tentu saja lokasi wisata alam Rancaupas.

Ranca Upas merupakan salah satu tempat berkemah yang paling populer di Bandung, Jawa Barat. Tempat ini memiliki area sangat luas dengan pemandangan alam dan udara yang sejuk banget.

Baca Juga : Pemkot Bandung Sediakan Lahan Seluas 8.280 Meter Persegi untuk Lokasi Baru RSKGM

Selain berkemah, kamu juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya, lho. Simak informasi tempat wisata Ranca Upas berikut untuk bekal liburanmu nanti.

1. Lokasi Ranca Upas

Tempat wisata Ranca Upas berada di dataran tinggi Ciwidey, tepatnya di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Gak heran kalau Ranca Upas memiliki udara yang sangat sejuk.

Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jika kamu pernah berkunjung ke Kawah Putih, kemungkinan gak akan kesulitan menemukan Ranca Upas, karena berdekatan.

2. Rute menuju Ranca Upas

Jika ingin mengunjunginya tempat wisata Ranca Upas, disarankan naik kendaraan pribadi. Sebab, lokasinya sangat jauh dari pusat Kota Bandung. Kamu akan menempuh perjalanan sejauh 54 kilometer.

Dari pusat kota, arahkan kendaraan menuju daerah Soreang. Dari Soreang, cukup ikuti jalan lurus sejauh 15 kilometer menuju Ciwidey.

Selanjutnya kamu akan menemukan tempat wisata Kawah Putih. Setelah itu, lanjutkan perjalanan sejauh enam kilometer. Dari tempat tersebut kamu bisa langsung menemukan Ranca Upas.

Baca Juga : Koridor TMB Akan Bertambah, Dishub Ajak Warga Bandung Gunakan Transportasi Publik

3. Harga tiket dan jam buka Ranca Upas

Wisata Ranca Upas Bandung: Info Lokasi, Rute, dan Harga Tiketnyainstagram.com/ranca_upas

Untuk tiket masuk, harganya Rp20 ribu per orang. Harga ini belum termasuk dengan tiket fasilitas lainnya. Kamu bisa menikmati beberapa wahana menarik seperti:

- Jembatan goyang Rp15 ribu per orang

- Elvis bridge Rp15 ribu per orang

- Flying fox Rp15 ribu per orang

- Kolam renang Rp15 ribu per orang

- Paint ball Rp90 ribu per orang

- Buggle trampoline Rp15 ribu per orang

- Burma V Rp15 ribu per orang

- Fun games Rp75 ribu per orang

- Sepeda gunung Rp10 ribu per orang

Jika ingin berkemah di Ranca Upas, kamu bisa menyewa tenda dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp150 ribu untuk tenda kecil hingga Rp600 untuk tenda besar.

Baca Juga : Kota Bandung Menduduki Peringat Pertama Pusat Digital Jawa Barat

Kalau gak mau repot dengan barang bawaan, kamu bisa menyewa beberapa barang seperti:

- sleeping bag Rp25 ribu per malam

- matras Rp15 ribu per malam

- kompor gas Rp10 ribu per malam

- rantang untuk memasak Rp10 ribu per malam

- lampu Rp5.000 per malam

- pisau lipat Rp3.000 per malam

Tempat wisata Ranca Upas buka pada pukul 09.00-17.00 WIB saat hari kerja dan 08.00-17.00 WIB pada akhir pekan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini