Kisah Sukses Perajin Kendang Sunda yang Terkena PHK Hingga Berhasil Tembus Pasar Dunia

Kisah Sukses Perajin Kendang Sunda yang Terkena PHK Hingga Berhasil Tembus Pasar Dunia Asep Kurnia Perajin Kendang Sunda Asal Bandung yang produknya menembus pasar dunia. (Pemkot Bandung)

TERASBANDUNG.COM - Seorang warga RW 4 Kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati tak lantas patah arang setelah kena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Berbekal kecintaan pada seni budaya Sunda, Asep Kurnia lantas banting setir menjadi pengrajin kendang Sunda.

Bermodalkan alat sederhana, Asep menyulap gelondongan-gelondongan kayu menjadi sebuah alat musik pukul yang biasa digunakan untuk mengiringi pagelaran Sunda semisal jaipong, wayang golek, dan pencak silat.

"Berawal dari di-PHK dari pabrik, ditambah bapak seorang seniman terompet Sunda. Awalnya saya juga servis kendang saja, lama-kelamaan saya bikin kendang sendiri," ujar Asep Kurnia dilansir dari laman resmi Pemkot Bandung.

Baca Juga: Sah! Stadion GBLA dan Taman Lalu Lintas Milik Pemkot Bandung

Pada awal usahanya membuat kendang tahun 2007 lalu, Asep melakukan semuanya seorang diri. Ia mulanya mencari kayu, memotong bentuk, membuat pola hingga menentukan jenis kendang apa yang akan dibuat. Semuanya ia rakit dengan penuh ketelitian dan kesabaran.

Asep menggunakan kayu nangka lokal Jawa Barat dan menggunakan kulit kerbau sebagai bahan dasar pembuatan kendang.

"Kolaborasi kayu pohon nangka dan kulit kerbau menghasilkan suara jauh lebih bagus," katanya.

Seiring berjalannya waktu, usaha kendangnya kian maju, kini ia dibantu satu pekerjanya. Dalam sebulan, Asep mampu memproduksi 3-4 set kendang. 

Baca Juga: Koridor TMB Akan Bertambah, Dishub Ajak Warga Bandung Gunakan Transportasi Publik

Setiap set kendang terdiri dari 2 indung (kendang berukuran besar) serta 4 kulanter (kendang berukuran kecil) untuk pencak silat dan untuk jaipong 1 indung serta 2 kulanter.

"Satu set itu selesai dalam waktu 7 sampai 10 hari," katanya.

Karya-karya kendangnya banyak diminati oleh kalangan musisi gamelan Sunda, rombongan pemusik wayang Goleg, dan para pelestari tradisi di Jawa Barat lainnya.

Kendang buatannya juga sudah banyak terjual ke berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kendang buatannya sudah merambah pasar internasional sampai ke Belanda dan Prancis.

"Kita sudah sampai ke Belanda dan Perancis untuk penjualannya. Ada yang pesan untuk dibawa kesana," katanya.

Setiap set gendang dijual mulai dari harga Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Bahkan kendangnya sempat terjual Rp 20 juta per set.

"Itu ada pesanan buat ke luar negeri, tembus Rp 20 juta per set," ujarnya.

Kini ia mulai merambah penjualan melalui platform media sosial melalui akun Instagram @bucrak_production_ dan Facebook pengrajin kendang.

Ia berharap semakin banyak perajin kendang yang berkembang dan generasi muda banyak yang gemar terhadap kesenian daerah. Ini sebagai upaya meningkatkan kecintaan terhadap budaya Sunda.

"Saya berharap generasi muda banyak yang suka kesenian daerah demi kemajuan budaya Sunda," pungkasnya.**

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini