Susah Payah Persib Tahan Imbang Persikabo, Begini Komentar Luis Milla

Susah Payah Persib Tahan Imbang Persikabo, Begini Komentar Luis Milla Pelatih Persib Bandung, Luis Milla Aspas. (Adam Husein/REPUBLIKBOBOTOH.COM)

TERASBANDUNG.COM - Persib Bandung selamat dari kekalahan usai Daisuke Sato mencetak gol ke gawang Persikabo dalam lanjutan pekan ke 17 Liga 1 2022/2023.

Dalam laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu, 24 Desember 2022 duel Persib dan Persikabo berakhir dengan kedudukan imbang 1-1.

Sepanjang babak pertama Persib terus menyerang, Persikabo mulai bermain lebih menyerang di babak kedua.

Terlihat di menit awal, Persikabo mendapatkan peluang, meski masih disapu oleh pemain bertahan Persib.

Persib Bandung masih nemeragakan skema permainan yang sama seperti di babak pertama. Namun rapatnya barisan pertahanan Persikabo membuat Ciro Alves cs kesulitan untum menembus pertahanan Gilang Ginarsa cs.

Baca Juga : 7 Pemain Persib Absen saat Hadapi Persikabo 1973, Ini Daftarnya

Skema serangan balik Persikabo akhirnya membuahkan hasil usai Ryan Kurnia memberikan umpan kepada Gustavo Tocantins. Gustavo yang berdiri bebas langsung melepaskan tembakan ke gawang yang tidak dijaga Teja Paku Alam, skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal 1 gol, Luis Milla langsung membuat perubahan dengan menggantikan Nick Kuipers dengan Erwin Ramdani. Pergantian ini menjadi bukti bahwa Persib ingin tampil menyerang demi mengejar ketertinggalan timnya.

Masuk menit 70, laju bola semakin berat karena hujan yang mengguyur Stadion Manahan, Solo. Itu membuat kedua tim kesulitan memainkan skema yang sudah dirancang.

Langkah Persib kian berat karena peluang manis dari Victor Igbonefo tak mampu dikemas menjadi gol. Padahal bola sundulan Victor sempat melaju deras, meski pada akhirnya terhenti akibat lapangan yang basah dan diamankan Diki Indrayana.

Memasuki menit akhir, serangan Persib akhirnya mampu mengimbangi kedudukan melalui Daisuke Sato pada menit 90+5.

Bermula dari kemelut di depan gawang Persikabo, Daisuke Sato yang berdiri bebas langsung menceploskan bola ke gawang Persikabo.

Baca Juga : M Budiana Terpilih Jadi Ketua Umum KONI Jawa Barat Lewat Musorprov XIV

Skor berubah menjadi 1-1, dan bertahan hingga wasit meniupbpeluit tanda berakhirnya pertandingan.

Pelatih Persib, Luis Milla Aspas tak menyangka dengan skema yang ditunjukan tim Persikabo dalam pertandingan itu.

Ia menjelaskan Persikabo tampak berubah dibandingkan biasanya yang memeragakan permainan bertahan secara rapat dan dalam.

Menurut Luis Milla, skema permaianan Persikabo cukup menyulitkan tim Maung Bandung untuk mencetak gol.

Sebab, tim besutan Djajang Nurdjaman itu memeragakan permainan bertahan yang rapat dan dalam.

Sebelumnya artikel ini telah tayang di REPUBLIKBOBOTOH.COM degan judul: Sukses Terselamatkan dari Kekalahan Atas Persikabo, Luis Milla Ungkap Rahasianya

Tentunya ini akan menjadi pelajaran berharga bagi Luis Milla untuk mengarungi kompetisi musim ini. Terlebih hal itu kemungkinan akan kembali dijumpai Persib di peryandingan-pertandingan berikutnya.

"Saya sangat senang dengan pemain di tim dan juga bangga terhadap perjuangan mereka, spirit mereka di pertandingan tadi. Kondisinya sangat sulit karena lawan menurut saya cukup mengejutkan karena hanya fokus bertahan dan main dengan gaya seperti itu. Ini memungkinkan ke depannya, banyak tim yang bermain seperti itu." ujar Luis Milla kepada awak media dalam sesi jumpa pers usai laga.

Saat gawangnya kebobolan satu gol, pria asal Spanyol itu tak memiliki cara lain dan harus tampil menyerang. Masuknya Victor Igbonefo juga menjadi salah satu taktik untuk mempertebal lini depan yang sepanjang pertandingan kesulitan mencetak gol.

Selain itu, Luis Milla melihat adanya titik lemah untuk dioptimalkan menjadi gol. Maka dari itu ia memerintahkan para pemainnya untuk menyerang dari sisi sayap dan memberikan umpan silang ke depan gawang Persikabo.

Baca Juga : Coba Main ke Kampung Keramik Kiaracondong, Rasakan Sensasi Wisata Baru

Meski demikian, eks pelatih Timnas Indonesia itu tetap bersyukur karena timnya selamat dari kekalahan.

"Tapi tim kami tadi terus berjuang, terus menguasai bola dan mencoba untuk menemukan ruang. Saya rasa di akhir kami punya peluang lebih banyak setelah melakukan perubahan dengan memasang Victor sebagai striker dan itu memberi tambahan pemain pada area kotak penalti lawan,"

"Lalu kami bermain dengan lebih melebar, melakukan serangan dari sisi dan melepas umpan silang. Saya rasa perubahan itu mengubah jalannya pertandingan dan akhirnya membuat skor menjadi imbang." tutupnya.**

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini