Luis Milla Sudah Kantongi Nama Pemain Baru Tapi Ada Kendala, Belum Bisa Gabung Persib?

Luis Milla Sudah Kantongi Nama Pemain Baru Tapi Ada Kendala, Belum Bisa Gabung Persib? Luis Milla berusaha menjaga motivasi skuad Persib. (MO Persib)

TERASBANDUNG.COM - Setelah putaran pertama Liga 1 2022-2023 usai, Pelatih Persib Luis Milla Aspas, memastikan akan mendatangkan minimal satu pemain anyar di bursa transfer pemain paruh musim Liga 1.

Fokus utama Luis Milla adalah mendatangkan pemain di posisi sayap kiri dengan atribut menyerang dan bertahan yang seimbang.

Milla menjelaskan, tim Persib sangat memerlukan pemain di posisi sayap kiri karena sejumlah pemain absen dalam waktu cukup panjang.

Absennya Zalnando dan Febri Hariyadi diakui Luis Milla sangat berdampak terhadap keseimbangan tim. David Rumakiek, yang biasa beroperasi di sayap kiri, juga masih menjalani pemulihan cedera cukup panjang.

Apalagi organisasi permainan tim Maung Bandung terlihat kurang maksimal karena absennya sejumlah pemain tersebut. Sebenarnya, Persib masih menyisakan Frets Butuan yang biasa beroperasi di sisi permainan.

Baca Juga : 10 Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Hanya saja Luis Milla merasa Persib memerlukan atribut pemain dengan spesifikasi full back kiri murni, seperti Zalnando dan David Rumakiek yang seimbang saat bertahan dan menyerang, bukan yang cenderung ofensif seperti Frets dan Febri.

Luis Milla menepis anggapan tidak menyukai gaya permainan Frets Butuan. Justru ia memberi apresiasi yang tinggi terhadap Frets, ia berharap pemain anyarnya nanti bisa menjadikan persaingan untuk mendapatkan posisi di skuad utama lebih kompetitif.

"Saya senang dengan performa Frets yang dipasang di posisi tersebut, tapi kami butuh pemain yang lebih spesifik dan tim ini memerlukan satu pemain baru di posisi itu." kata Luis Milla.

Dengan kompetitifnya persaingan untuk mendapatkan posisi di skuad utama, tentu Luis Milla merasa tim Persib nantinya akan jauh lebih kokoh dari sebelumnya.

Sehingga tambahan pemain baru semakin diperlukan demi menciptakan persaingan yang sehat di skuad utama Maung Bandung.

Baca Juga : Hadir Sebagai Brand Fashion Terbesar, Shafira Berikan Support Wardrobe pada Acara Peresmian Masjid Al Jabbar

"Tapi saya rasa jika tim ingin tetap kompetitif maka kami memerlukan bek kiri baru untuk mengisi posisi tersebut," tegasnya.

Sebenarnya Luis Milla bisa mendatangkan maksimal lima pemain anyar, dengan asumsi komposisi pemain yang ada saat ini semuanya bertahan.

Persib saat ini memiliki 30 pemain seperti tertera di website resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Mengacu pada regulasi jumlah pemain maksimal yang bisa dimiliki atau didaftarkan setiap klub peserta, Persib masih memiliki jatah lima slot lagi untuk dimaksimalkan.

Itu tertuang dalam Pasal 25 poin 1 Regulasi Liga 1 2022-2023 tentang Pendaftaran Pemain yang berbunyi: "Klub dapat melakukan pendaftaran Pemain sekurang-kurangnya 18 Pemain dan paling banyak 35 Pemain."

Meski begitu, Luis Milla mengaku tak bisa leluasa dalam merekrut pemain yang diinginkannya di jendela transfer paruh musim Liga 1 kali ini.

Padahal Luis Milla sudah mengantongi nama pemain yang diincar. Namun masalahnya, pemain yang dibidik masih terikat kontrak dengan timnya sehingga butuh perjuangan lebih untuk memboyong ke Bandung.

Luis Milla mengaku pemain tersebut memiliki atribut sesuai spesifikasi yang diinginkannya, yakni full back kiri. Dia masih terikat kontrak dengan timnya dan jika Persib ingin membajaknya, tentu Maung Bandung harus menempuh jalur transfer untuk mendapatkan jasanya.

Baca Juga : Sambut Ramdhan Pemkot Bandung Tata PKL Basemen Alun-Alun dan Jalan Sumatera

Bagi pelatih asal Spanyol itu, sulit bagi Persib untuk mendatangkan dengan pemain yang masih terikat kontrak. Maka dari itu tim pelatih akan berusaha mencari pemain beratribut full back kiri yang tak terikat kontrak dengan tim.

"Kami harus mencari pemain yang kontraknya habis di bulan Januari dan itu tidak mudah untuk situasi ini dan untuk posisi ini. Jadi sekarang kami menyerahkan kepada klub (manajemen) untuk situasi ini," kata Luis Milla.

Menurut pelatih asal Spanyol ini, perekrutan pemain anyar yang direncanakan jajaran pelatih merupakan salah satu hasil evaluasi selama Persib mengarungi putaran pertama kompetisi Liga 1.

Hanya saja Luis Milla menyerahkan semua keputusan perekrutan pemain baru kepada manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) untuk bernegosiasi dengan pemain yang direkomendasikannya.

"Ya tim pelatih selalu mencari kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas tim dengan pemain baru untuk di tahun depan pada transfer window ini. Tapi itu semua dikembalikan ke klub," kata Luis Milla.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini