Coba 6 Bahan Alami Ini Dijamin Bau Mulut Hilang

Coba 6 Bahan Alami Ini Dijamin Bau Mulut Hilang Ilustrasi. Bau Mulut. (Freepik)

TERASBANDUNG.COM - masalah bau mulut membuat banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan mouthwash (obat kumur).

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Salah satu cara yang mudah dan murah adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut seperti dikutip dari laman Tanya Pepsodent:

1. Buah apel dan buah-buahan yang mengandung vitamin C

Apel diketahui mengandung zat asam yang efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Tidak hanya itu, mengunyah apel juga bisa merangsang produksi air liur di mulut.

Dengan begitu, mulut pun tidak akan menimbulkan aroma-aroma tidak sedap.

Selain apel, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan lain yang tinggi kandungan vitamin C, seperti jeruk, beri-berian, melon, brokoli, dan lain sebagainya.

2. Yogurt

Bau mulut yang muncul nyatanya juga bisa dinetralkan dengan mengonsumsi produk olahan susu, seperti yogurt.

Ini karena yogurt mengandung probiotik yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, yogurt juga efektif mengurangi kadar hidrogen sulfida yang ada di mulut.

Hidrogen sulfida sendiri merupakan senyawa yang dapat memicu munculnya bau mulut.

3. Teh hijau

Cara mengatasi bau mulut saat puasa lainnya adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Manfaat itu sendiri diperoleh dari kandungan antibakteri yang ada di teh hijau, sehingga ampuh membasmi bakteri-bakteri penyebab bau mulut.

Meski menyehatkan, kamu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak teh hijau, cukup 1-2 gelas kecil saja per hari.

4. Daun sirih

Daun sirih sudah cukup populer digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut sejak zaman dulu. Penelitian menemukan bahwa kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam daun sirih dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut.

Karena khasiatnya itulah daun sirih banyak dipakai dalam produk-produk kesehatan mulut dan gigi. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi menggunakan daun sirih sebagai cara mengatasi bau mulut.

5. Jahe

Selain ampuh menghangatkan badan di kala hujan, jahe juga termasuk cara alami untuk mengatasi bau tak sedap di mulut.

Cara memanfaatkan jahe sebagai obat penghilang bau mulut mudah saja. Cukup parut satu ruas jahe kemudian campurkan dengan air untuk mendapatkan jusnya.

Setelah mendapatkan jus jahe, campurkan dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.***

6. Air mineral

Bahan alami terakhir yang ampuh mengatasi masalah bau mulut adalah air mineral. Seperti kamu tahu, penyebab masalah bau mulut yang umum adalah akibat kurangnya asupan cairan.

Dengan memenuhi asupan cairan, salah satunya dengan mengonsumsi air mineral, kamu pun bisa meningkatkan produksi air liur di mulut dan meminimalisir munculnya masalah tersebut.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini