Usai Laga Versus Madura United, Persib Terancam Sanksi Lagi Sebesar 20 Juta Gegara Persoalan Ini

Usai Laga Versus Madura United, Persib Terancam Sanksi Lagi Sebesar 20 Juta Gegara Persoalan Ini Tim Persib Bandung. (Kris Andieka/Republik Bobotoh)

TERASBANDUNG.COM - Persib Bandung terancam mendapatkan sanksi lagi setelah sebelumnya dijatuhi sanksi sebesar Rp120 juta.

Sesuai keputusan Komite Disiplin PSSI, Persib Bandung dijatuhi sanksi sebesar Rp120 juta di laga kontra Persija Jakarta yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Kota Bandung pada 11 Januari 2023, lalu, akibat tingkah laku buruk penonton.

Di laga terakhir melawan Madura United, dalam lanjutan pekan 19 Liga 1 2022/2023 di Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan pada Jumat, 20 Januari 2023, ancaman sanksi kembali menghantui Persib.

Dalam laga yang dimenangkan Persib 1-0 itu, Pelatih Luis Milla mencadangkan Rachmat Irianto yang sebelumnya hadir dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan.

Baca Juga : Berkat Gol Tunggal David Da Silva, Persib Permalukan Madura United di Kandangnya, Luis Milla Tebar Pujian

Dilihat dari aturan pada Pasal 40 poin 2 Konferensi Pers menyebutkan bahwa pemain yang terlibat dalam sesi jumpa pers merupakan pemain starting XI.

Dengan demikian hal itu dilanggar Persib dan merujuk pada Pasal 40 poin 5, Persib bisa dikenakan denda sebesar Rp20 juta.

"Pelatih kepala dan 1 orang pemain yang masuk dalam starting XI dari masingmasing tim yang bertanding wajib hadir dan berpartisipasi dalam pre-match press conference. Media officer dari kedua Klub yang bertanding harus memastikan kehadiran pelatih kepala dan pemain dalam pre-match press conference. Tidak diperbolehkan untuk menghadirkan personil lain dalam pre-match press conference," bunyi dari pasal 40 ayat 2 Regulasi Liga 1 2022/2023.

"Pelanggaran terhadap pasal ini akan dikenakan sanksi denda sebesar Rp20.000.000,- (dua puluh juta rupiah)," bunyi dari pasal 40 ayat 6.

Pelatih Persib, Luis Milla mengatakan bahwa sebenarnya Rachmat Irianto belum sepenuhnya pulih dari cedera selepas pulang membela Timnas Indonesia.

Bahkan staf pelatih Persib terus menunggu laporan dari tim kesehatan Persib untuk dapat menurunkan Rachmat Irianto sejak menit awal.

Baca Juga : Kejahatan Seksual, Vandalisme, dan Narkoba Jadi 3 Fokus Pemkot di Kota Bandung

Namun hingga pagi hari jelang pertandingan, pemain yang akrab disapa Rian itu terpaksa tak dimasukan ke dalam starting line up karena alasan kebugaran. Sehingga Luis Milla lebih memilih untuk menurunkan Rian di babak kedua.

"Mengenai Rian, Rian kembali ke klub dari tim nasional dalam kondisi yang cedera. Kami menantikan perkembangan kondisinya hingga pagi hari (sebelum pertandingan) dan hingga sore hari mengenai kemungkinan menurunkannya di starting line up atau bermain di babak kedua," kata Luis dalam sesi jumpa pers, Jumat, 20 Januari 2023.

Luis mengatakan, terlalu berisiko bagi Rian jika turun sejak menit awal. Ia khawatir Persib kehilangan fungsi dari Rian apabila turun sejak awal pertandingan.

"Lalu saya memutuskan untuk tidak menurunkannya sejak menit pertama karena tidak mau mengambil resiko jika dia harus kembali mengalami cedera," tambahnya.

Sedangkan di babak kedua, Persib dihadapkan dengan masalah pada posisi kiri yang mengharuskan mengganti Frets Butuan dengan Rian.

Baca Juga : Pemkot Bandung Resmikan Lahan Konservasi dan Ruang Publik, Yana: Tanpa Mata Air, Hanya Akan Jadi Air Mata

Bahkan sebelum memasukan Rian ke lapangan, Luis bertanya beberapa kali kepada tim kesehatan Persib terkait ketersediaan Rian untuk di babak kedua.

"Lalu di babak kedua, kami bermasalah pada sisi kiri dan harus melakukan pergantian. Dan saya rasa untuk main selama 45 menit, saya juga sudah bicara dengan dokter, dia (Irianto) memungkinkan untuk bermain,” tutupnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini