Antisipasi Inflasi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Tinjau Pasar Pasalaran Cirebon

Antisipasi Inflasi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Tinjau Pasar Pasalaran Cirebon Gubermur Jabar Ridwan Kamil dalam rangkaian agenda Siaran Keliling (Sarling) Jabar meninjau Pasar Pasalaran, Kabupaten Cirebon, Rabu (25/1/2023). (Foto: Biro Adpim Jabar)

TERASBANDUNG.COM - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau Pasar Pasalaran di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon untuk mengendalikan inflasi. Peninjauan dilakukan dalam rangkaian agenda Siaran Keliling (Sarling) Jabar.

Hal ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu saat Rakornas Forkopimda se-Indonesia di SICC Sentul, Bogor.

"Instruksi dari Presiden kepada kepala daerah adalah mengendalikan inflasi. Kabupaten Cirebon inflasinya di angka 4,8 persen," ucap Ridwan Kamil saat ditemui di Pasar Pasalaran, Kabupaten Cirebon, dalam keterangn persnya, Rabu (25/1/2023).

"Jadi Cirebon saya apresiasi, salah satunya adalah Pak Bupati harus rajin ke pasar melihat (harga) apa yang naik dan mencarikan solusi," imbuhnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan, guna menurunkan inflasi, Pemda Kabupaten Cirebon bisa melakukan subsidi anggaran transportasi barang.

"Karena ada anggaran tidak terduga boleh menyubsidi transportasi barang, kalau bisa menurunkan harga," sebut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Ketika Kang Emil memantau harga bahan pokok di Pasar Pasalaran terdapat beberapa yang naik, di antaranya bawang merah dan buah-buahan impor.

"Saya monitor (di Pasar Pasalaran) yang naik itu bawang merah, kemudian buah-buahan impor. Lain-lain stabil, bahkan daging ayam lagi turun,  biasanya di atas Rp30.000 per kilogram sekarang Rp26.000," ungkapnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini