Apresiasi Gojek School Creative Hub, Ridwan Kamil Dorong Pelajar Kuasai Ekonomi Digital, Hijau, dan Kreatif

Apresiasi Gojek School Creative Hub, Ridwan Kamil Dorong Pelajar Kuasai Ekonomi Digital, Hijau, dan Kreatif District Operations Manager Gojek Bandung Iqbal Anugerah Alhadi (kiri) bersama Grand Champion School Creative Hub 2022 di Kantor Gojek Bandung, Rabu 25 Januari 2023.

TERASBANDUNG.COM - Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, kembali mempertegas komitmen dalam menciptakan dampak positif bagi lingkungan hidup dan menciptakan generasi penerus yang kreatif.

Kali ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Internasional yang diperingati setiap 24 Januari, Gojek bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan & Dinas Lingkungan Hidup di Jawa Barat.

Lalu Bandung Raya (Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Sumedang) resmi menutup program School Creative Hub 2022 dengan tema Passion to Action.

Baca Juga : Memasuki Tahun 2023 Pemkot Bandung Genjot Infrastruktur dan 26 Janji Wali Kota

School Creative Hub (SCH) 2022 yang merupakan sebuah bentuk komitmen Gojek kepada anak muda dengan mengadakan ragam inisiatif yang menstimulus lahirnya kreativitas, cinta lingkungan dan inovasi anak muda sejak dini.

School Creative Hub 2022 yang dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terdiri dari 3 kompetisi besar, yaitu Environment Mission, Mural Competition, dan Public Service Announcement (Iklan Layanan Masyarakat) Competition.

Ketiga kompetisi besar tersebut merupakan aspirasi dari anak muda di Jawa Barat.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas kesuksesan penyelenggaraan School Creative Hub 2022 yang diselenggarakan secara kolaboratif antara Grup GoTo dengan pemerintah sejak Juni 2022 lalu. Saya doakan seluruh peserta yang mengikuti program ini dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat penutupan SCH.

“Ekonomi Digital, Ekonomi Hijau dan Ekonomi Kreatif adalah tiga sektor ekonomi masa depan yang akan tumbuh dengan pesat. Kuasailah ketiganya untuk mewujudkan Indonesia yang makin maju dan sejahtera menuju Indonesia juara.”

“Dengan selesainya program ini dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim School Creative Hub 2022 dinyatakan ditutup,” Tutup Ridwan Kamil.

Baca Juga : Bandung Caang Baranang, Dishub Targetkan 47.000 Titik PJU di Kota Bandung

Sejak dibuka 23 Juni 2022 lalu, SCH 2022 telah diikuti oleh 31.017 peserta yang merupakan siswa-siswi dari 197 sekolah pada jenjang SMP-SMA di Bandung Raya yang juga mengikuti kompetisi:

● Mural Competition : Sebanyak 55 sekolah berpartisipasi dalam menciptakan mural dengan tema lingkungan. Bagi pemenang, Gojek menyediakan dana pembinaan sebesar Rp 5 juta untuk Juara 1, Rp 3 juta untuk Juara 2 dan Rp 2 Juta untuk Juara 3.

Dana Pembinaan ini nantinya akan dikelola oleh sekolah untuk mengembangkan kegiatan sekolah serta siswa-siswi di sekolah tersebut.

● Environment mission : Sebanyak 33 sekolah berpartisipasi dalam pengelolaan sampah melalui Bank Sampah. Per Desember 2022, telah terkumpul sebanyak 2,7 ton sampah.

Angka ini meningkat sebesar 107,7% dari pengumpulan tahun 2021 lalu yang mencapai 1,3 ton. Peningkatan yang dicapai ini sebagai bukti semakin meningkatnya kesadaran generasi muda terhadap pengelolaan sampah yang baik dan mulai menerapkan gaya hidup hijau ramah lingkungan.

Kenaikan ini juga dipengaruhi oleh improvement mekanisme dan juga inovasi yang dilakukan oleh Gojek dengan memberikan akses kemudahan baik dalam pengumpulan, pengangkutan dan juga kategorisasi pemilahan sampah.

Baca Juga : Masalah Keamanan, Wali Kota Bandung Ajak Warga Turut Berpartisipasi Jaga Lingkungan

Beberapa golongan sampah yang bisa dikumpulkan seperti:

● Plastik PET: Banyak digunakan di botol air mineral dan beberapa kemasan lainnya. Lihat simbol angka 1 di kemasan.

● Plastik PP Flexible: Biasa digunakan pada kemasan pouch, slopan, kantong kresek, dan tube.

● Plastik PP Keras: Biasa digunakan pada kemasan minuman dan beberapa kemasan lainnya. Lihat simbol angka 5 di kemasan

● Plastik HDPE: Banyak digunakan di botol shampo atau sabun cair dan beberapa kemasan lainnya. Lihat simbol angka 2 di kemasan

● Kertas atau Kardus: Kemasan pasta gigi, Kardus kemasan gadget, dan Kemasan Used Beverage Carton (UBC)

● Kaleng: Kaleng minuman, Kaleng parfum, dan Kaleng deodorant Selain memberikan kemudahan dalam pengelolaan sampah melalui kerjasama dengan beberapa Bank Sampah di Jawa Barat.

Gojek juga ingin memberikan edukasi yang komprehensif dengan mengeluarkan modul yang berisi 3 chapter (Pengenalan, Implementasi & Kreasi) yang dibalut dalam video singkat yang bisa diakses oleh seluruh siswa-siswi melalui GoTix.

Sama halnya dengan Mural Competition, bagi pemenang, Gojek menyediakan dana pembinaan sebesar Rp 5 juta untuk Juara 1, Rp 3 juta untuk Juara 2 dan Rp 2 Juta untuk Juara 3.

● Public Service Announcement (Pesan Layanan Masyarakat) Competition : menghasilkan konten kreatif sebanyak 36 konten dari 18 sekolah.

Baca Juga : Lagi! Demi Tanggulangi Banjir Pemkot Bandung Tambah Empat Kolam Retensi Tangani Banjir

Konten tersebut berisi pesan layanan publik dengan penyampaian anak muda dalam mengangkat isu lingkungan saat ini dengan tema “Green School, Dream School”.

Siswa-siswi mengirimkan konten dengan topik spesifik seperti; Bandung Digital, “Cintai Produk Lokal”, Public Transportation, Lingkungan Bersih & Sehat serta Generasi Muda Berprestasi.

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 5 juta untuk Juara 1, Rp 3 juta untuk Juara 2 dan Rp 2 Juta untuk Juara 3.

Faris Priyanto, District Head Gojek Bandung Raya menyatakan, “School Creative Hub 2022 diharapkan dapat menjadi kompetisi akbar tahunan yang ditunggu oleh sekolah dan juga siswa-siswi di Jawa Barat. Melalui edukasi, misi pengumpulan sampah, dan kompetisi-kompetisi menarik lainnya. Gojek juga akan terus memberikan dukungan sebagai penyedia platform digital dalam upaya percepatan digitalisasi di sekolah yang ramah lingkungan.”

Acara yang diadakan di Kantor Gojek Bandung tersebut juga dihadiri perwakilan Pemerintah Provinsi dan Kota yang turut memberikan apresiasi kepada para pemenang serta Gojek atas upaya berkelanjutan mensosialisasikan budaya sadar lingkungan melalui School Creative Hub 2022.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini