Bandung Caang Baranang, Dishub Targetkan 47.000 Titik PJU di Kota Bandung

Bandung Caang Baranang, Dishub Targetkan 47.000 Titik PJU di Kota Bandung Jembatan Pasupati. (Diskominfo Kota Bandung)

TERASBANDUNG.COM - Bandung Caang Baranang menjadi salah satu fokus pembangunan yang kini sedang digarap maksimal Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana seusai acara Bandung Menjawab, Rabu 25 Januari 2023.

"Fokus kami di tahun ini adalah infratruktur. Kami juga terus berupaya untuk terus mewujudkan Bandung Caang Baranang lewat pembangunan dan perbaikan penerangan jalanan umum (PJU) dan penerangan jalan lingkungan (PJL)," ujar Yana dalam keterangan persnya.

Senada dengan Yana, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Dadang Darmawan menjelaskan, jika program Bandung Caang Baranang berjalan lancar, Kota Bandung akan memiliki 47.000 titik PJU.

Baca Juga : Kok Bisa? Tak Punya Lahan Luas Kota Bandung Bisa Panen Bawang Merah 1,5 Ton, Begini Ceritanya

Pada tahun 2023, Pemkot Bandung akan membangun PJL sebanyak 3.000 titik di 29 kelurahan. Sedangkan PJU sebanyak 529 titik di 20 kelurahan.

"Kalau misal pada 2023 tereksekusi semuanya, kita sudah punya 47.000 titik PJU," papar Dadang.

Menurutnya, Kota Bandung masih membutuhkan 21.000 lebih titik PJU di luar PJL pada konsep Bandung Caang Baranang. Sebab berdasarkan hitungan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub), idealnya jarak titik PJU yang dipasang itu sejauh 20 meter.

"Mungkin nanti bisa lebih karena dilihat dari lebar jalan. Di Kota Bandung ini panjang jalannya mencapai 1.300 km. Sudah termasuk jalan kewenangan milik provinsi, nasional, dan kota," ungkapnya.

Baca Juga : Jaga Keamanan Kota Bandung dari Tindak Kejahatan, Linmas dan Masyarakat Serentak Siskamling Rutin

Ia menambah, jika lebar jalan mencapai 8 meter, biasanya cukup dipasang penerangan di satu sisi saja. Sedangkan untuk jalan dengan lebar 16 meter atau lebih, membutuhkan dua sisi penerangan.

Baginya, Bandung Caang Barang tak hanya di pusat kota, tapi juga harus bisa sampai menyentuh wilayah-wilayah permukiman.

"Bandung Caang Baranang bukan hanya di pusat kota, tapi juga di permukiman bisa terang benderang. Makanya program PJL terus kita upayakan pembangunan dan perbaikannya," akunya.

Perlu diketahui, sebelumnya Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna sempat mengungkapkan, pada tahun 2023, alokasi anggaran PJU dan PJL anggaran sekitar Rp63 miliar.

Ema berharap, alokasi anggaran tahun 2023 ini, bisa secepatnya terealisasi. Sehingga pemetaan titik lampu bisa secepatnya dilakukan. ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini