Deretan Makanan Paling Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Deretan Makanan Paling Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Ilustrasi. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Kolesterol jahat dapat menumpuk di dinding pembuluh darah dan meningkatkan sejumlah risiko penyakit, seperti serangan jantung hingga stroke.

Namun, ada beberapa sayuran yang mampu memerangi kolesterol jahat, seperti melansir dari laman P2PTM Kemkes RI, berikut sederet sayurannya.

Wortel

Wortel adalah sayuran yang dapat dimakan penderita kolesterol tinggi. Sayuran berwarna jingga ini mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang dinilai bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna dan menurunkan kadarnya dari dalam darah.

Baca Juga : Ini Dia Tjuanki Stasion yang Lekoh dan Super Tetelan, Bikin Ngiler!

Kacang Polong

Para peneliti dari Kanada melakukan riset tentang kacang polong dan melihat kaitannya dengan penurunan kadar kolesterol.

Penelitian ini melibatkan 1.000 responden dan mengungkapkan bahwa kacang polong dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam jumlah 5 persen.

Kentang

Kentang dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang kaya serat larut. Satu kentang berukuran sedang diperkirakan mengandung 5 gram serat larut.

Jika Anda ingin merasakan khasiat serat larut dari sayuran yang bisa menurunkan kolesterol ini, makanlah bersama dengan kulitnya.

Lobak

Lobak adalah sayuran yang masih satu keluarga dengan wortel. Setiap setengah cangkir porsinya, sayuran ini mengandung sekitar 3 gram serat.

Kandungan serat yang dimiliki lobak tidak hanya dinilai mampu mengurangi kadar kolesterol, tapi juga menurunkan risiko penyakit gula darah dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Kacang Panjang

Kacang panjang juga termasuk sayuran yang kaya serat. Sekitar 150 gram kacang panjang diperkirakan mengandung 2,6 gram serat. Di samping itu, makanan yang bagus untuk kolesterol ini juga rendah lemak dan kalori.

Baca Juga : Disdagin Distribusikan 1.640 Karton MinyaKita ke 5 Pasar di Kota Bandung

Terong

Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, jus terong sebanyak 10 mililiter (ml) terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Hal ini tidak mengherankan karena satu cangkir terong (94 gram) mengandung serat sebanyak 2,4 gram.

Walaupun begitu, diperlukan penelitian lanjutan pada manusia untuk membuktikan efektivitas terong dalam menurunkan kolesterol.

Bayam

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, juga baik untuk penderita kolesterol. Pasalnya, manfaat bayam untuk kolesterol berasal dari kandungan seratnya yang cukup melimpah.

Setiap satu cangkir bayam mengandung 6 gram serat yang disebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Bawang Putih

Sebuah ulasan yang dimuat dalam The Journal of Nutrition pada 2016 mengungkapkan, bawang putih memiliki potensi untuk mengurangi kolesterol total sebanyak 30 miligram (mg) per desiliter.

Baca Juga : Luis Milla Sebut Kekurangan Persib di Laga Versus RANS, Pemain Siap Kerja Keras di 10 Laga Sisa

Okra

Okra adalah sayuran yang dikenal mengandung banyak serat. Dalam setiap 100 gram porsinya, terkandung sekitar 3,2 gram serat.

Oleh karena itu, okra dianggap sebagai sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami kolesterol tinggi.

Tak terbatas pada sayuran penurun kolesterol jahat saja, Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup, supaya kolesterol bisa diturunkan.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini