Jadi Pusat Wisata Kuliner di Kota Bandung, Kecamatan Lengkong Tingkatkan Kualitas UMKM

Jadi Pusat Wisata Kuliner di Kota Bandung, Kecamatan Lengkong Tingkatkan Kualitas UMKM Kecamatan Lengkong Tingkatkan Kualitas UMKM. (Bandung.go.id)

TERASBANDUNG.COM - Kecamatan Lengkong Kota Bandung adalah salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup diminati di Kota Bandung.

Terdapat ragam pilihan destinasi wisata, mulai dari Taman Malabar, kawasan Talaga Bodas, Buahbatu, Jalan Burangrang, hingga kawasan Turangga.

Camat Lengkong, Aniya Rachmawati Soerya Poetri mengatakan, potensi wisata kuliner di wilayahnya sangat luas. Dari tujuh kelurahan di Kecamatan Lengkong hampir seluruh kelurahan menjadi pusat kuliner.

"Hampir seluruh kelurahan pusat kuliner, kita ditengah kota, wisata ke kota Bandung mencari kuliner nah di kecamatan Lengkong pusatnya," kata Aniya dilansir melui siaran pers Humas Kota Bandung, Selasa 21 Februari 2023.

Baca Juga : Antisipasi Terjadi Kecelakaan, Pemkot Bandung Lakukan Lagi Penertiban Kabel

Dari potensi itu, Aniya mengungkapkan, Kecamatan Lengkong terus mendorong peningkatan kapasitas Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat bersaing dan menghadirkan berbagai pilihan bagi para wisatawan.

"Kita lakukan pembinaan dan pelatihan bagi UMKM kuliner dan lainnya di Kecamatan Lengkong. Kita bentuk juga forum komunikasinya. Ini untuk mereka bisa berdaya saing," katanya.

Berbagai pelatihan tersebut meliputi pelatihan praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Saat ini, terdapat lebih dari 500 UMKM yang menjadi binaan Kecamatan Lengkong.

"Dari pelatihan, banyak yang mendapatkan 'job', ada rias pengantin, barber shop, kuliner, perbengkelan, IT, catering. Ini untuk update skill dari para pelaku UMKM," ujarnya.

Baca Juga : Duel Persib vs Arema FC Pekan 26 Liga 1 Dipastikan Tanpa Penonton, Ini Alasannya

Ke depan, Aniya mengatakan, akan membuat website sebagai etalase berbagai produk UMKM.

"Ke depan kita ingin membuat market place, nanti ketika wisatawan mencari oleh oleh bisa ke UMKM Kecamatan Lengkong," ungkapnya.

Ia berharap, berbagai upaya dan program peningkatan kualitas UMKM tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kita kerjasama dengan Forkopimcam menghadirkan kecamatan Lengkong yang aman dan nyaman. Sehingga warga Kecamatan Lengkong sejahtera dan mengundang para wisatawan untuk datang," ujar dia.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini