Resep Garlic Fried Chicken dengan Nasi Daun Jeruk, Cocok Disantap Setelah Tarawih

Resep Garlic Fried Chicken dengan Nasi Daun Jeruk, Cocok Disantap Setelah Tarawih Garlic Fried Chicken dengan Nasi Daun Jeruk

TERASBANDUNG.COM - Makan dengan bahan dasar ayam cukup beragam cara mengolah dan penyajiannya, dan salah satu makanan yang paling banyak diminati di Indonesia bahkan samapi di luar negeri pun banyak peminatnya.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak varian menu dengan menggunakan bahan dasar ayam, seperti ayam bumbu kecap, ayam tepung, ayam goreng, steak ayam, ayam penyet, ayam geprek, dan masih banyak pilihan lainnya.

Kali ini tim terasbandung akan berikan menu yang berbeda dari olahan biasanya, yakni garlic freid chicken dengan nasi daun jeruk yang di bagikan oleh akun IG adelscooking.

Untuk bumbu ayam siapkan bawang merah 15 siung, 10 siung bawang putih, dan satu dendok makan ketumbar. Lalu haluskan ketiga bumbu tersebut menggunakan blender.

Lalu campurkan bumbu tersebut ke ayam yang sudah di potong kecil dan di bersihkan, ratakan sampai semua tercampur, kemudian tambahkan satu setengah sendok teh garam, setengah sendok teh merica, dan satu sendok kaldu ayam.

Setelah bumbu tercampur tambahkan 10 sendok makan tepung tapioka, aduk hingga tercampur rata dan marinasi minimal satu jam.

Sambil menunggu marinasi, panaskan tiga sendok makan margarin, masukan dua siung bawang putih yang dicincang halus dan 10 lembar daun jeruk di iris tipis, pastikan tulang daunnya dibuang agar tidak menimbulkan rasa pahit.

Selanjutnya masukan nasi satu porsi, tambahkan satu sendok makan kaldu jamur lalu aduk sampai semua bahan tercampur merata.

Setelah marinasi ayam selesai, goreng ayam menggunakan minyak panas dan tidak ketinggalan masukan bawang putih utuh menguatkan rasa bawang pada ayam.

Untuk penyajian, cetak nasi menggunakan mangkuk dan tata pada piring, kemudian tambahkan ayam yang sudah kering di pinggir nasi. Bisa juga di tambahkan telur ceplok dan sambal untuk pelengkap rasa.

Nasi daun jeruk nya gurih banget, ditambah krispinya ayam bawang putih meresap sampai ke dalamnya. Dijamin sebulan kedepan tidak akan merasa bosan untuk menyajikan makanan ini, dengan nasi daun jeruk di padukan dengan ayam goreng bawang putih plus sambel. Rasanya nyampur banget di lidah.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini