Bola Ubi Lumer, Resep Makanan Manis dan Sehat untuk Buka Puasa yang Mudah Dibuat

Bola Ubi Lumer, Resep Makanan Manis dan Sehat untuk Buka Puasa yang Mudah Dibuat Bola ubi lumer (tangkapan layar TikTok @gina_angelia)

TERASBANDUNG.COM - Ubi jalar ungu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang berwarna ungu karena mengandung antosianin, pigmen yang juga banyak terdapat pada buah dan sayuran lainnya. Ubi jalar ungu kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, serat dan potasium.

Ubi jalar ungu juga memiliki manfaat kesehatan yang telah terbukti, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes. Selain itu, ubi ungu dapat digunakan dalam berbagai masakan, mulai dari makanan ringan hingga makanan utama, dan sering digunakan sebagai bahan makanan ringan dan minuman.

Namun, saat ini banyak sekali makanan yang berbahan dasar dari ubi ungu dan diolah menjadi berbagai macam kudapan. Seperti contohnya dilakukan pengguna TikTok dengan akun @gina_agnelia memberikan ide mengolah makanan berbahan dasar ubi.

Berbeda dari resep lainnya, Gina mengolah ubi menjadi cemilan kekinian. Dikutip TerasBandung dari akun TikTok Gina Angelia pada kamis 30 Maret 2023, ia memberikan caranya dalam membuat bola ubi lumer.

Bahan:

- Ubi ungu 200gram

- Tepung tapioka 50gram

- Maizena 20gram

- Gula halus 50gram

- Baking powder setengah sendok teh

- Garam secukupnya

- Keju mozarella

Cara membuat:

1. Kukus 200 gram ubi ungu sampai matang.

2. Haluskan ubi ungu sampai lembut.

3. Masukan 50gram tepung tapioka.

4. Masukan 20gram maizena.

5. Masukan 50gram gula halus.

6. Tambahkan baking powder cukup setengah sendok teh.

7. Terakhir taburkan sedikit garam.

8. Kemudian aduk hingga tercampur merata.

9. Pipihkan adonan dan masukan potongan mozarela.

10. Bentuk bulat adonan.

11. Terakhir goreng bola ubi sampai bagian ubi sedikit kering lalu tiriskan.

Bola ubi cocok disajikan untuk cemilan buka puasa, dengan rasanya yang manis bercampur gurih ditambah dengan khasiat yang tentunya akan cocok dengan lidah siapapun.

Gina manambahkan, resep ini bisa juga menjadi ide untuk dijadikan bahan untuk jualan. Bola ubi lumer enak dimakan dalam keadaan hangat. ***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini