Ini Dia 4 Tips dari OJK Cara Mengelola Keuangan saat Ramadan

Ini Dia 4 Tips dari OJK Cara Mengelola Keuangan saat Ramadan Ilustrasi Tips dari OJK Cara Mengelola Keuangan saat Ramadan/pixabay.

TERASBANDUNG.COM - Simak nih, 4 tips dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) cara mengelola keuangan selama Ramadan.

Misalnya acara buka puasa bersama atau bukber, memenuhi ajakan sahur on the road, pengeluaran untuk membeli baju lebaran dan juga tunjangan hari raya (THR) kepada sanak keluarga.

Adapun, tips pertama dari OJK untuk mengelola keuangan yakni dengan membuat rencana keuangan. Dalam unggahan di akun Instagramnya, OJK mengimbau masyarakat untuk menyusun alokasi pengeluaran selama bulan Ramadan.

“Seperti belanja sahur, buka puasa, THR, sedekah, zakat dan kebutuhan lebaran,” tulis OJK dalam unggahannya di Instagram.

Baca Juga : UPDATE Info Terbaru Jelang Mudik Lebaran, Tarif Tol Jakarta-Surabaya 2023

Tips kedua, OJK mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman jika tidak mampu melunasi.

Dalam hal ini, OJK menyarankan untuk tidak menggunakan layanan PayLater atau pinjaman online (pinjol) untuk kebutuhan yang konsumtif.

“Gunakan jika terpaksa dan memang sanggup untuk dilunasi,” kata OJK.

Tips ketiga yakni, menahan godaan belanja barang yang tidak dibutuhkan. OJK menyebut, diskon besar memang menjadi godaan terberat.

Namun, masyarakat disarankan untuk berbelanja hanya untuk kebutuhan sesuai rencana yang sudah disusun.

Baca Juga : Dishub Kota Bandung Sebar Bandros Siap Fasilitasi Warga Ngabuburit

Tips keempat atau yang terakhir, OJK merekomendasikan masyarakat untuk mencatat dan disiplin terhadap rencana pengeluaran.

Hal itu dilakukan agar pengeluaran dapat dipantau dan diatur. Disiplin terhadap rencana keuangan yang telah disusun juga dapat membantu masyarakat untuk mengatur keuangannya selama bulan Ramadan ini.***

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kantor Regional 2 Jawa Barat OJK (@ojk_jawabarat)

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini