7 Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran, Dijamin Uang THR Masih Tersisa Banyak

7 Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran, Dijamin Uang THR Masih Tersisa Banyak Belanja hemat menjelang lebaran (freepik/jcomp)

TERASBANDUNG.COM - Menjelang lebaran semakin banyak orang yang mulai mempersiapkan segala kebutuhannya, namun dengan harga barang yang semakin meningkat akan terasa menyulitkan untuk memenuhi kebutuhannya tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Ditambah kalau kita akan kembali ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan teman-teman, biaya dan kebutuhan pun otomatis akan bertambah. Seperti biaya untuk ongkos perjalanan, oleh-oleh, atau pun untuk kebutuhan lainnya.

Untuk menekan pengeluaran saat belanja untuk kebutuhan lebaran, kami telah menyiapkan tips jitu belanja hemat menjelang lebaran yang bisa anda terapkan:

1. Memilih Tempat Belanja

Cari tempat belanja yang tak jauh dari tempat tinggal kamu dan menyediakan banyak barang kebutuhan yang murah. Tempat yang seperti ini tentunya bisa menghemat dari segi ongkos dan juga waktu.

Atau bisa juga jika ingin lebih praktis lagi cari toko yang bisa lakukan transaksi lewat aplikasi dan menggunakan layanan antar gratis.

2. Belanja Sesuai dengan Kebutuhan

Untuk sebagian kalangan, setiap berbelanja tidak selalu mengutamakan kebutuhannya melainkan keinginannya. Hindari hal seperti itu untuk menghemat pengeluaran.

3. Hindari Makan di Luar

Kebanyakan orang saat bulan puasa lebih banyak berbuka di luar dibandingkan memasak sendiri, tentunya makan di luar akan memakan biaya yang lebih mahal, maka hindari hal tersebut.

4. Belanja di Awal Bulan

Belanja kebutuhan pokok saat bulan puasa atau menjelang lebaran biasanya akan mengalami peningkatan harga, nah belanja untuk kebutuhan sebulan bisa menjadi solusi agar tidak terkena dampak dari kenaikan harga tersebut.

5. Gunakan Uang Tunai

Berbelanja menggunakan uang tunai bisa lebih menghemat dibandingkan dengan transaksi dengan non tunai, hal itu bukan tanpa alasan melainkan belanja dengan uang tunai akan lebih tertib dalam mengeluarkan uang.

6. Kurangi Jumlah Menu Makan

Tips satu ini bukan untuk melakukan diet, tapi mengurangi menu yang sekiranya tidak akan termakan dan menjadikannya mubazir. Lebih baik menu sedikit tapi habis termakan, sehingga akan lebih banyak untuk menghemat pengeluaran.

7. Menabung Dari Jauh Hari

tips terakhir tidak kalah penting dari yang sebelumnya, jangan lupa untuk menabung sejak jauh-jauh hari sebelum Lebaran, sehingga Anda memiliki cukup uang untuk membeli barang yang diperlukan tanpa harus meninggalkan utang.

Semoga tips tersebut bisa diterapkan saat akan berbelanja kebutuhan lebaran, dengan melakukan tips tadi akan bisa menghemat untuk digunakan untuk kebutuhan lainnya.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini