Hindari Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Gunakan Aplikasi ini Bantu Anda Cari Alternatif

Hindari Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Gunakan Aplikasi ini Bantu Anda Cari Alternatif Hindari kemacetan mengunakan aplikasi (freepik)

TERASBANDUNG.COM - Mudik lebaran sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahun di Indonesia, momen mudik sendiri merupakan kegiatan pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga besar dan merayakan hari raya Idul Fitri bersama.

Sudah menjadi makanan tiap tahunnya, pada setiap perjalanan mudik menuju kampung halaman selalu terkendala dengan kemacetan panjang yang membuat para pemudik harus memutar jalan meskipun jarak tempuh lebih jauh.

Cara untuk menghindari kemacetan saat mudik lebaran salah satunya yakni memutar kendaraan melewati jalur alternatif, namun tak sedikit pemudik tidak mengetahui jalur alternatif untuk menuju ke kampung halamannya.

Untuk memudahkan para pemudik mencari rute lain tanpa harus bermacet-macetan, salah satunya bisa dengan menggunakan aplikasi yang menunjang pemudik untuk menemukan jalur alternatif melalui ponsel.

Dengan teknologi yang semakin canggih banyak aplikasi yang tersedia untuk digunakan saat mudik lebaran, berikut 5 aplikasi yang wajib dipantau:

1. Google Maps

Google Maps yang sering dipergunakan untuk mengetahui kemacetan di jalur mudik lebaran, aplikasi ini membantu pengendara untuk mempercepat perjalanan dengan menunjukan jalan yang lebih lancar untuk dilalui.

Dengan fitur yang lengkap, pemudik juga bisa mencari informasi tentang rest area, pom bensin, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan.

2. Waze

Aplikasi yang hampir serupa dengan maps yang dimiliki Google, Waxe juga memiliki fitur yang menarik gar pengguna bisa menemukan jalur alternatif tercepat yang tepat.

Tak diragukan lagi, waze juga dapat menginformasikan terkait tingkat kepadatan lalu lintas sepanjang jalan yang akan dilalui secara real time.

3. Travoy

Travoy yang merupakan singkatan dari Traveling With Comfort and Joy adalah platform layanan asisten digital yang membantu pengguna jalan tol.

Dikembangkan oleh Jasa Marga, aplikasi ini memiliki fitur monitoring CCTV yang tersebar di berbagai channel pembayaran. Aplikasi ini juga dapat menjadi sistem navigasi yang tepat seperti platform peta digital lainnya.

4. JID

JID adalah aplikasi milik Jasa Marga yang memiliki fitur menemukan rute terbaik untuk mencapai kota asal Anda. Aplikasi ini juga berguna bagi para pemudik yang mengalami masalah kendaraan di jalan.

Ini karena pengguna bisa memanfaatkan jasa truk derek. Fitur ini juga memungkinkan pengguna menghindari derek ilegal yang kerap memeras korbannya.

5. NTMC TV

Polri memberikan pelayanan bagi masyarakat yang mudik untuk memantau kondisi lalu lintas secara langsung melalui CCTV di Metro Area dan POLDA.

Pemudik dapat menggunakan aplikasi ini untuk memilih rute yang paling efisien ke kampung halaman mereka. Selain itu, pengemudi dapat mengecek langsung kondisi lalu lintas pada rute yang dilaluinya.

Penggunaan aplikasi ini tidak selamanya berjalan lancar dan mempercepat perjalanan pemudik, namun dengan alasan tertentu cukup memudahkan menemukan jalan tikus menuju kampung halaman.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Sirojul Mutaqien

Berita Terkini