Dari Gunung Eweranda Hingga Bukit Pasir Heunceut yang Sempat Viral, Ini Dia Sejarah dan Mitosnya

Dari Gunung Eweranda Hingga Bukit Pasir Heunceut yang Sempat Viral, Ini Dia Sejarah dan Mitosnya Kolase Gunung Eweranda dan Bukit Pasir Heunceut. (Net)

TERASBANDUNG.COM - Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki alam dan pemandangan yang indah.

Keadaan geografis yang strategis merupakan keuntungan bagi daerah Jawa Barat. Luasnya provinsi Jawa Barat terbagi menjadi banyak sekali daerah dengan berbagai nama yang unik.

Penamaan daerah seringkali dipengaruhi oleh kondisi daerah tersebut, seperti kondisi cuaca, keadaan air, aneka hayati, dan yang lainnya.

Seperti dua nama daerah di Jawa Barat yang sempat viral ini, yakni Gunung Eweranda di Mekarwangi, Sukawening, Kabupaten Garut dan Pasir Heunceut di Dusun Cipeundeuy, Desa Margahaja, Kecamatan Sukadana, Ciamis Jawa Barat.

Gunung Eweranda

Nama gunung Ewe Randa memang sangat unik dan terkesan porno dan vulgar. Maklum, Ewe Randa jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti berhubungan intim dengan janda.

Sebab itu pulalah, banyak para pendaki atau wisatawan yang pernah bekunjung ke Gunung Eweranda, pulang dari sana dengan berseloroh dan sambil tertawa bilang (maaf) "habis ng*w" randa".

Baca Juga : Getaci Bakal Jadi Tol Terpanjang di Indonesia, Cilacap akan Jadi Titik Temu 2 Jalan Tol dari Jabar ke Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur

Gunung Eweranda sendiri memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Jika kita berdiri di atas ketinggiannya akan terlihat panorama alam Garut yang sangat sedap dipandang mata.

Bagaimana sejarah dan mitos Gunung Eweranda ini, ada yang mengatakan kenapa gunung itu disebut Ewe Randa, konon nama itu diambil dari sejarah jaman dahulu, dimana pada saat itu ada seorang janda cantik.

Janda tersebut mencoba peruntungan dengan hidup sendirian bercocok tanam di gunung tersebut, menanam berbagai macam tumbuhan yang bisa dimakan tanpa dibantu siapapun.

Sementara itu, dilansir dari Garutselatan.net dalam artikelnya "Sejarah dan Mitos Gunung Eweranda", Gunung Eweranda disebutkan sebagai gunung yang memiliki sejarah dan sejumlah mitos yang berbau mistis.

Dijelaskan, Gunung Eweranda dahulunya digunakan oleh masyarakat Garut sebagai tempat peribadatan. Mereka mempercayai bahwa di gunung ini terdapat makhluk halus yang suci dan memiliki kekuatan mistis yang kuat.

Selain Gunung Eweranda, kali ini nama daerah yang nyeleneh lainnya datang dari suatu bukit di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bukit Pasir Heunceut

Namanya Bukit Pasir Heunceut, tepatnya bukit ini berada di Dusun Cipeundeuy, Desa Margahaja, Kecamatan Sukadana.

Nama Pasir Heunceut sangat tidak lazim digunakan karena dalam Bahasa Indonesia kata Heunceut merupakan kelamin perempuan atau vagina.

Pasir Heunceut dapat ditempuh sekitar 19 kilometer dari pusat kota Ciamis. Di lokasi ini dipenuhi oleh pepohonan, dan ada juga tempat agrowisata yang dibuat oleh penduduk setempat.

Baca Juga : Warga 28 Desa di Kabupaten Bandung Bakal Tergusur Mega Proyek Jalan Tol Baru Sepanjang 206,65 Km

Nama Pasir Heunceut telah berlangsung sejak lama, warga sekitar sudah sangat lumrah menyebutkan nama ini.

Penggunaan nama Pasir Heunceut berlangsung sejak tahun 1948 pada Agresi Militer Belanda ke II. Dahulu tempat ini merupakan perkebunan karet dengan pekerja mayoritas perempuan Belanda maupun pribumi.

Namun sekarang penggunaan nama Pasir Heunceut telah diubah secara administratif. Atas dasar musyawarah dan masukan dari Pemkab Ciamis dan MUI Ciamis, Pasir Heunceut telah berubah nama menjadi Mumunggang Bangelung.

Walaupun secara administratif telah berubah, kebanyakan memang masih terbiasa menyebut bukit ini Pasir Heunceut dari pada Bukit Mumunggang Bangelung.

Itulah 2 nama daerah di Jawa Barat yang mempunyai nama tidak lazim bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia. Anda dapat mengunjungi daerah di atas bila penasaran ingin melihat langsung lokasi tersebut.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini