Tanda-tanda Kulit Rusak Akibat Merokok, Segera Cegah dengan Cara Ini

Tanda-tanda Kulit Rusak Akibat Merokok, Segera Cegah dengan Cara Ini

TERASBANDUNG.COM - Pilihan gaya hidup memiliki pengaruh yang besar terhadap penampilan dan kesehatan kulit. Salah satunya merokok adalah salah satu kegiatan yang paling berbahaya dan mematikan karena berhubungan dengan kesehatan internal dan eksternal.

Selain dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang fatal seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung, merokok juga dapat merusak kulit, mata dan rambut.

Setiap hirupan asap rokok, menutup kesempatan kulit untuk berkembang dan mempercepat proses penuaan pada kulit.

Mengutip dari laman Mayoclinic, ketika Anda mengirup asap dari rokok, Anda memperkenalkan lebih dari 4.000 bahan kimia ke dalam tubuh, termasuk radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Bahan kimia ini dapat merusak kolagen, kelenturan pada kulit, serta serat penting yang dapat memberikan kekuatan serta ke-elastisitan kembali pada kulit.

Baca Juga : DPR Dukung Tilang Manual yang Sudah Diterapkan Kembali Mulai 11 Mei 2023, Berikut Sasarannya!

Pada saat kolagen dan elastin melemah, kulit akan mulai kendur dan mengerut. Ini disebabkan oleh kurangnya kolagen dan elastin yang mengakibatkan kerusakan permanen pada kulit.

Nikotin juga menyebabkan pembuluh darah di lapisan terluar kulit menyempit, merusak aliran darah ke kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, pucat atau bernoda.

Garis-garis halus dan keriput dapat mulai terlihat. Merokok juga dapat menyebabkan berkurangnya produksi sel darah merah dari tubuh.

Aktifitas merokok itu sendiri juga dapat menimbulkan keriput pada wajah. Terutama garis-garis di sekitar bibir yang tak enak dipandang tersebut akan muncul akibat seringnya mengerutkan bibir berulang kali saat menghirup rokok.

Cara terbaik untuk memperbaiki dan membantu mencegah kerusakan berlanjut adalah dengan berhenti merokok sekarang juga.

Selain banyaknya manfaat kesehatan dengan berhenti merokok, sirkulasi dan warna kulit Anda pun akan mulai terlihat membaik hanya beberapa minggu setelah berhenti merokok.

Untuk mengurangi kerusakan yang sudah terjadi, gunakan pelembab yang mengandung Niacinimide, peptida dan gliserin.

Baca Juga : 11 Fadhilah Luar Biasa yang Bisa Didapatkan dari Mengamalkan Bacaan Bismillah

Bahan-bahan ini dapat membantu mempercepat pergantian sel pada permukaan kulit, memperbaiki kulit yang rusak dan mengganti kembali kelembaban yang telah hilang.

Cobalah menggunakan antioksidan, seperti vitamin E atau carnosine, dapat membantu melindungi permukaan kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kabar baiknya adalah bahwa kerusakan kulit yang disebabkan oleh merokok itu bisa disembuhkan. Caranya sederhana, berhentilah merokok dan mulai terapkan perawatan kulit secara rutin akan membantu mendapatkan kembali kulit sehat.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini