Indonesia vs Thailand, Misi Akhiri 32 Tahun Paceklik Emas Sepak Bola SEA Games

Indonesia vs Thailand, Misi Akhiri 32 Tahun Paceklik Emas Sepak Bola SEA Games  Timnas U-23 Indonesia bertemu Thailand di final SEA Games 2023. (Foto: pssi.org)

TERASBANDUNG.COM - Timnas U-23 Indonesia bertemu Thailand di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja, Selasa 16 Mei 2023.

Indonesia sudah 23 kali bertemu Thailand. Dari jumlah tersebut, Garuda Muda meraih lima kemenangan, sementara Thailand meraih 16 kemenangan dan dua kali imbang.

Momen kemenangan Timnas terjadi pada 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019. Kenangan medali emas terakhir Indonesia dari cabang sepak bola terjadi pada edisi SEA Games tahun 1991.

"Besok adalah pertandingan puncak, kita dengan Thailand. Dalam kesempatan ini saya mau mengucapkan terima kasih pada Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan jajaran Exco yang telah mempercayakan dan menunjuk kami untuk diberikan tanggung jawab menangani tim SEA Games," kata pelatih tim U-23 Indonesia, Indra Sjafri.

Yang kedua, lanjut Indra, tentu dukungan dari pemerintah, Kemenpora, KOI, KONI dan kerja baik dari CdM yang menyiapkan lapangan sangat fantastik untuk persiapan-persiapan tim selama di Kamboja.

Baca Juga : 2 Pemain Asing Baru Bakal Segera Merapat ke Persib, Ini Dia Bocorannya

"Juga tidak kalah penting, saya dalam kesempatan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada klub tempat pemain berasal dan juga kerja sama yang baik dari mulai bulan Maret bersama pelatih klub dan saya mengapresiasi itu dan mudah-mudahan nanti klub-klub kita semakin banyak menghasilkan pemain-pemain yang lebih berkualitas," lanjutnya seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Indonesia meraih emas dari cabang sepak bola SEA Games pada 1991. Itu juga kali pertama Indonesia bertemu dengan Thailand di final.

Pada saat itu, laga Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor sama kuat 0-0 di waktu normal. Skuad Garuda yang dibela nama-nama legendaris seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray lantas bisa menaklukkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

Namun, Indonesia pernah menelan kekalahan besar dari Thailand. Momen itu terjadi pada SEA Games 1985. Saat itu, Tim Merah-Putih menelan kekalahan dengan skor akhir 0-7 dari Thailand.

Pada pertemuan terakhir, Indonesia menelan kekalahan 0-1. Di Vietnam tahun lalu, Thailand menaklukkan Indonesia pada babak semifinal.

Baca Juga : Fokus Aspek Trantibum, Camat di Kota Bandung Diminta Proaktif

Indonesia mempunyai modal bagus melawan Thailand kali ini. Tim Asuhan Indra Sjafri selalu menang dalam lima pertandingan yang dijalani untuk melaju ke final. Bahkan musuh bebuyutan Vietnam pun dikalahkan Rizky Ridho, dkk dengan skor tipis 3-2.

Lebih lanjut, Indra mengatakan untuk pertandingan besok adalah pertandingan puncak dan timnya sudah berproses dari empat pertandingan di grup dan satu di semifinal, mereka sudah mengalami proses itu dengan baik.

"Saya berharap dan kami sudah berkomitmen dengan para pemain besok kita memberikan yang terbaik atau menjadi game terbaik kita," harap Indra.

"Semua pemain termasuk Arhan dalam kondisi baik, tetapi secara regulasi besok kita tidak bisa mainkan dia, jadi kita besok main dengan skuat 19 pemain dan semua pemain tersebut siap bermain serta memberikan penampilan terbaik," tambahnya.

Kini, untuk kali keempat, timnas Indonesia akan melawan Thailand pada final SEA Games. Tim Garuda mengusung misi mengakhiri paceklik emas sepak bola SEA Games yang telah berlangsung selama 32 tahun.

Baca Juga : Marak Kasus Penculikan Anak, Buat Para Orang Tua Perhatikan Beberapa Cara Menjaga Anak dari Penculikan

"Terima kasih kepada para suporter, baik itu yang langsung ke Kamboja, ini tanggung jawab kita bersama dan harus diselesaikan besok termasuk yang ada di Indonesia, mungkin lewat TV dan tentu kami meminta supportnya, besok mudah-mudahan atas izin Allah besok kita bisa mewujudkan keinginan kita di mana sudah 32 tahun tidak medali emas," tutup Indra.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Ginanjar

Berita Terkini