Marak Kasus Penculikan Anak, Buat Para Orang Tua Perhatikan Beberapa Cara Menjaga Anak dari Penculikan

Marak Kasus Penculikan Anak, Buat Para Orang Tua Perhatikan Beberapa Cara Menjaga Anak dari Penculikan Ilsutrasi. Bayangan anak. (Pixabay)

TERASBANDUNG.COM - Maraknya kasus penculikan anak membuat para orang tua harus lebih memperhatikan anak. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menjaga anak dari penculikan.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, heboh di sosial media video seorang anak menjadi korban penculikan di Taman Sintetis, Komplek Griya Bandung Indah (GBI), Desa Buah Batu, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Aksi pelaku terekam kamera CCTV. Dari video yang dilihat terlihat seorang pria menggunakan jaket biru dengan mengenakan helm. Kemudian pria tersebut sempat bolak balik di area taman sebelum melancarkan aksi.

Baca Juga : Manfaat Rajin Jalan Kaki Setiap Hari, Salah Satunya Mampu Mencegah Diabetes, Stroke, Hingga Serangan Jantung

Saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait dugaan modus penculikan dengan hipnotis. Polisi pun tengah memburu pelaku.

Agar kejadian tersebut tidak terjadi pada anak Anda, apa yang harus dilakukan para orang tua dalam menjaga anaknya,

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda menjaga anak dari penculikan:

1. Berbicara dengan anak tentang keselamatan

Ajarkan anak untuk selalu berhati-hati dan tidak mengobrol atau bermain dengan orang asing. Berbicaralah dengan anak Anda secara terbuka dan terus-menerus tentang risiko penculikan.

2. Berikan informasi kepada anak tentang orang-orang yang dapat dipercaya

Ajarkan anak untuk hanya memberikan informasi pribadi mereka kepada orang yang dapat dipercaya seperti keluarga atau teman dekat. Beritahu anak Anda bahwa ada orang yang ingin menipu mereka dengan memberikan hadiah atau uang.

3. Kenali lingkungan sekitar

Penting untuk mengetahui daerah yang aman dan berbahaya di sekitar rumah, sekolah, dan tempat umum lainnya. Selalu waspada terhadap orang-orang yang mencurigakan dan lapor ke pihak berwenang jika melihat perilaku yang mencurigakan.

4. Berikan nomor darurat kepada anak

Ajarkan anak Anda nomor darurat dan mengajarkan cara menghubungi orang tua, polisi, atau petugas keamanan jika terjadi keadaan darurat.

Baca Juga : Kenali 7 Metode Komposter Olah Sampah Organik di Rumah

5. Pantau aktivitas online anak

Sosial media dan aplikasi lainnya bisa menjadi tempat yang berbahaya. Pantau aktivitas anak Anda di internet dan selalu ajarkan mereka untuk tidak mengungkapkan informasi pribadi atau berteman dengan orang yang tidak mereka kenal di dunia maya.

6. Kurangi penggunaan pakaian atau aksesori yang menarik perhatian

Banyak penculik memperhatikan anak-anak yang mengenakan pakaian dan aksesori yang menarik perhatian. Jadi, pastikan untuk menghindari pakaian dan aksesori yang mencolok.

7. Jangan meninggalkan anak sendirian di tempat umum

Penting untuk selalu mengawasi anak Anda di tempat umum dan tidak meninggalkannya sendirian. Pastikan juga bahwa orang yang dipercayakan untuk menjaga anak Anda adalah orang yang dapat dipercaya.

Ingatlah bahwa pencegahan adalah kunci untuk melindungi anak Anda dari penculikan. Ajarkan anak Anda untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada.

Jika Anda mencurigai suatu hal atau melihat tindakan yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak berwenang.***

Penulis: Tim Teras Bandung | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini